PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI (Survey pada siswa kelas XII IPS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 di SMA Nasional Bandung)

RODIAH, 175020053 (2020) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI (Survey pada siswa kelas XII IPS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 di SMA Nasional Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN (1).pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text
17. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Seberapa besar pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi siswa kelas XII IPS di SMA Nasional Bandung, (ii) Seberapa besar pengaruh Motivasi Belajar terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi siswa kelas XII IPS di SMA Nasional Bandung, (iii) Seberapa besar pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi siswa kelas XII IPS dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dengan 27 populasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (i) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan besaran pengaruh yaitu 25,4%, (ii) motivasi belajar berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan besaran pengaruh yaitu 43,2%, (iii) status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar dinilai kuat memberikan pengaruh terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan besarnya pengaruh yaitu 68,6%. Hipotesis (ha3) pada penelitian ini terbukti bahwa “Terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada kelas XII IPS Semester Ganjil di SMA Nasional Bandung Tahun Ajaran 2021/2022”. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait: i) bagi guru, diharapkan dapat untuk mengembangkan lagi dalam perihal memberikan motivasi belajar yang menarik kepada peserta didik agar belajar menjadi kebiasaan yang dilakukan secara rutin. ii) bagi peserta didik, diharpakan dapat memberikan masukan dan kesadaran bagi siswa mengenai pentingnya untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. iii) bagi sekolah, diharapkan dapat memberikan masukan kepada pihak sekolah untuk memberikan arahan dan informasi kepada orang tua siswa mengenai adanya beasiswa yang jelas dan lengkap sehingga siswa dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan biaya yang rendah atau gratis. iv) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk mengkaji lebih mendalam lagi referensi yang berkaitan agar hasil penelitian dapat lebih baik dan lebih mempersiapkan diri dalam proses pengambilan, pengumpulan data serta segala sesuatunya sehingga penelitian dapat dilaksanakan dengan lebih baik. Kata kunci: Status_sosial_ekonomi_orangtua, motivasi_belajar, minat_melanjutkan_studi_ke_perguruan_tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:34
Last Modified: 04 Nov 2021 02:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53617

Actions (login required)

View Item View Item