PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA ( Penelitian Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Cibeunying kaler Kota Bandung )

YUDHISTIRA, 155060061 (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA ( Penelitian Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Cibeunying kaler Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia (6).pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris (7).pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda (8).pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (11).pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (12).pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text
BAB III (13).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB V (15).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (16).pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada dasarnya motivasi merupakan suatu usaha yang disadari untuk menggerakkan dan mengarahkan tingkah laku seseorang agar terdorong untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Lingkungan keluarga adalah pendidikan paling utama dan hal yang utama dalam perkembangan dan pola pikir anak, apabila lingkungan keluarganya baik maka pola pikir anak juga berkembang baik. Penelitian ini dilakukan di SDN Tikukur, SDN Tilil 1, SDN Langensari 1, SDN Cihaurgeulis 1 dan SDN Sukaluyu. Latar belakang penelitian ini yaitu siswa lebih cepat bosan pada kegiatan yang sama, dalam menyelesaikan tugas sering bergantung kepada temannya, mudah putus asa pada saat menyelesaikan masalah pada soal-soal yang sulit, dan kurangnya minat untuk belajar, seperti sering tidak menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru dalam pembelajaran. Dan diambil dari rumusan masalah yaitu bagaimana motivasi belajar siswa pada kelas IV di sekolah dasar, bagaimana kondisi lingkungan keluarga dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas IV di sekolah dasar, adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian Deskriptif Kuantitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh yaitu hubungan antara Lingkungan Keluarga dengan Motivasi Belajar Siswa sebesar 0,454. Dan besar pengaruh Lingkungan Keluarga dengan Motivasi Belajar Siswa adalah sebesar 20,6% artinya Lingkungan Keluarga memberikan kontribusi/pengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa sebesar 20,6%, sedangkan sisanya sebesar 100% - 20,6% = 66,8% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti seperti lingkungan belajar, lingkungan sekolah, media pembelajaran, fasilitas belajar, gaya komunikasi guru dan lain-lain. Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Sikap Percaya Diri dan Bertanggung Jawab, Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2019
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:09
Last Modified: 02 Nov 2021 04:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53541

Actions (login required)

View Item View Item