PENGARUH LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (SURVEY PADA PELAJARAN EKONOMI MATERI KETENAGAKERJAAN KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 LEMBANG)

Wijaya, Mega A, 175020028 (2021) PENGARUH LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (SURVEY PADA PELAJARAN EKONOMI MATERI KETENAGAKERJAAN KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 LEMBANG). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRACT.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
17. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i).bagaimana literasi digital pada pembelajaran daring di pelajaran.ekonomi materi ketenagakerjaan kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Lembang.(ii) bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi materi Ketenagakerjaan Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Lembang .(iii) seberapa besar pengaruh literasi digital pada pembelajaran daring terhadap kemampuan berpikir kritis siswa/i pada pelajaran ekonomi materi Ketenagakerjaandikelas XI IPS SMA Negeri 2 Lembang. Metode penelitian yang digunakan menggunakan survey dengan sampel berjumlah 122 siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Lembang, untuk mencari pengaruh analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi linear sederhana melalu perhitungan rata-rata skor dengan bantuan APK IBM SPSS Version 25.0 for windows. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut : (i) jawaban responden sebesar 3,65 dengan persentase 73,36%. Hal ini memunjukan literasi digital pada pembelajaran daring bernilai baik dengan pernyataan responden yang rata-rata jawabannya berada di kategori “setuju”. (ii) responden siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Lembang, memperliatkan bahwa kemampuan berpikir kritis dikategorikan baik, ini dikarenakan rata-rata sebesar 3,73 dengan persentase sebesar 74,56%. Hal ini juga menunjukan responden mengatakan “Setuju” atas kemampuan berpikir kritis. (iii) hasil regresi menunjukan besaran pengaruh literasi digital pada pembelajaran daring terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai R Square sebesae 0,681, ditafsirkan bahwa literasi digital pada pembelajaran daring memiliki kontribusi 68,1%. Penulis menyarankan kepada pihak terkait yakni : (i) bagi siswa memiliki sikap positif dalam menghadapi proses pembelajaran khususnya mata pelajaran ekonomi agar menciptakan pembelajaran aktif dan menyenangkan. (ii) Bagi Guru Pelajaran memberikan stimulus atau rangsangan yang lebih dalam proses pembelajaran guna memancing keaktifan siswa agar dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritisnya khususnya melalui kegiatan literasi digital.(iii) bagi peneliti yang akan melakukan penelitian pada bidang yang sama hendaknya lebih kreatif dalam pengadaan proses pembelajaran. Kata Kunci : Literasi digital, Kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:07
Last Modified: 02 Nov 2021 03:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53534

Actions (login required)

View Item View Item