RUMUSAN STRATEGI PEMASARAN DI KLINIK LERITA KABUPATEN SUKABUMI DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PASIEN

JULIA KHALKINST, NPM : 178020031 (2021) RUMUSAN STRATEGI PEMASARAN DI KLINIK LERITA KABUPATEN SUKABUMI DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PASIEN. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JULIA KHALKINST_MMRS.docx

Download (119kB)

Abstract

Kesehatan merupakan hak asasi sekaligus merupakan investasi untuk keberhasilan pembangunan bangsa. Klinik sebagai salah satu penyelenggara pelayanan Kesehatan harus dapat memberikan pelayanan yang bermutu dan professional kepada pasien. Klinik LERITA merupakan sebuah klinik swasta yang berada di Kabupaten Sukabumi yang memberikan pelayanan di daerah Jampang Tengah. Terdapat fenomena penurunan kunjungan pasien dan menurunnya jumlah keanggotaan peserta BPJS di klinik LERITA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa permasalahan yang terjadi guna meningkatkan jumlah kunjungan pasien. Penelitian ini dilakukan di Klinik LERITA dengan menggunakan metode wawancara dan survey kepada pihak yang berhubungan dengan kebijakan klinik. Model penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang mencerminkan gambaran dari suatu keadaan pada suatu saat tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (strength, weakness, opportunities, threats). Dari hasil analisis SWOT akan diidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal klinik LERITA, sehingga didapatkan posisi strategis klinik, kemudian dengan matriks SWOT dapat dirumuskan strategi serta menyusun program dan kegiatan untuk meningkatkan pelayanan Kesehatan di Klinik LERITA. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa strategi pemasaran yang paling cocok dengan Klinik LERITA adalah strategi SO (strength-opportunities) dan dari strategi tersebut didapatkan beberapa rekomendasi program pemasaran untuk Klinik LERITA yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Kesehatan di klinik LERITA sehingga kunjungan pasien di klinik juga akan meningkat. Kata kunci: strategi pemasaran, analisis SWOT, Klinik

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 01 Nov 2021 07:37
Last Modified: 01 Nov 2021 07:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53528

Actions (login required)

View Item View Item