Pengaruh Kualitas Jasa Pendidikan, Citra Institusi dan Pemasaran Eksperiental terhadap Nilai Pelanggan serta Dampaknya terhadap Kepercayaan Mahasiswa (Survei pada Mahasiswa Universitas Swasta Terakreditasi B di Wilayah Bandung Metropolitan)

Kartika Imasari Tjiptodjojo, NPM. 189010030 (2021) Pengaruh Kualitas Jasa Pendidikan, Citra Institusi dan Pemasaran Eksperiental terhadap Nilai Pelanggan serta Dampaknya terhadap Kepercayaan Mahasiswa (Survei pada Mahasiswa Universitas Swasta Terakreditasi B di Wilayah Bandung Metropolitan). Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Kartika Imasari Tjiptodjojo_DIM copy.docx

Download (16kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena semakin bertumbuh dan berkembangnya Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia dimana pertumbuhan ini pada mulanya adalah untuk menjawab kebutuhan masyarakat pada pendidikan tinggi dengan terbatasnya jumlah kursi yang tersedia pada Perguruan Tinggi Negeri. Akan tetapi pertumbuhan Perguruan Tinggi Swasta tidak sejalan dengan jumlah mahasiswa yang mendaftar. Terlebih lagi dengan terjadinya wabah pandemik Covid-19 yang memaksa semua Perguruan Tinggi untuk menerapkan pembelajaran jarak jauh berbasis daring dimana hal tersebut mengakibatkan ketidakpuasan dari berbagai pihak khususnya mahasiswa yang disebabkan oleh ketidaksiapan Perguruan Tinggi Swasta dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh berbasis daring tersebut. Ketidakpuasan mahasiswa akan ini berujung pada menurunnya nilai pelanggan dan kepercayaan pada kinerja dan kredibilitas Perguruan Tinggi Swasta. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa pendidikan, citra institusi dan pemasaran eksperiental terhadap nilai pelanggan serta dampaknya terhadap kepercayaan mahasiswa (survei pada mahasiswa Universitas Swasta terakreditasi B di wilayah Bandung Metropolitan). Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dan Verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Swasta terakreditasi B di wilayah Bandung Metropolitan sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah berkuliah minimal 1 tahun pada universitas swasta terakreditasi B di wilayah Bandung Metropolitan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah two stage sampling dengan jumlah responden sebanyak 398 mahasiswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapatnya pengaruh secara simultan dari kualitas jasa pendidikan, citra institusi dan pemasaran eksperiental terhadap nilai pelanggan sebesar 59,52% serta pengaruh nilai pelanggan terhadap kepercayaan mahasiswa sebesar 74,99%. Kata Kunci: kualitas jasa pendidikan, citra institusi, pemasaran eksperiental, nilai pelanggan, kepercayaan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:20
Last Modified: 01 Nov 2021 04:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53523

Actions (login required)

View Item View Item