PENGARUH MOTIVASI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU (Studi Kasus Tentang Program SALAMAN)

Hadi Mulyadi, 172010072 (2021) PENGARUH MOTIVASI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU (Studi Kasus Tentang Program SALAMAN). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan yang peneliti lakuka di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung diperoleh bahwa kualitas pelayanan masih rendah, hal ini terlihat dari kurang maksimalnya pelayanan administrasi kependudukan melalui Program SALAMAN pada masa adaptasi kebiasaan baru, hal ini dapat dilihat dari dimensi tangible yang belum optimal dan dimensi reliability yang masih rendah dalam menciptakan pelayanan yang berkualitas. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor terkait motivasi pegawai yang menjadikan kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung masih rendah. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi pegawai terhadap kualitas pelayanan melalui program SALAMAN pada masa adaptasi kebiasaan baru pada DISDUKCAPIL Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi non partisipan, wawancara, dan angket atau kuisioner yang disebar kepada 88 responden dilingkungan Dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi terhadap kualitas pelayanan di dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Bandung secara sistematis memiliki derajar pengaruh yang Kuat, sedangkan secara simultan motivasi berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan sebesar 72,1% dan ada variabel lain terhadap kualitas pelayanan yaitu sebesar 27,9% dengan demikian hipotesis konseptual mengenai pengaruh motivasi terhadap kualitas pelayanan diterima. Serta pengaruh secara parsial motivasi pegawai pada dimensi kebutuhan akan prestasi (X1) sebesar 4,2%, dimensi kebutuhan akan afiliasi (X2) sebesar 21,2% dan dimensi kebutuhan akan kekuasaan (X3) sebesar 46,7. Hal ini mengandung makna bahwa ke tiga dimensi pada motivasi pegawai telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan. Kata kunci : motivasi, kualitas pelayanan, program SALAMAN

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 28 Oct 2021 06:42
Last Modified: 28 Oct 2021 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53467

Actions (login required)

View Item View Item