FAHRIANA DWI SABILLA, 172010061 (2021) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN E-SPASI PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (194kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan pada masalah mengenai Kualitas Pelayanan publik masih terdapat beberapa faktor penghambat yang berada pada sistem e-Spasi (Elektronik Sistem Pendaftaran Antrian Via SMS) di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Adanya pandemi Covid-19 ini membuat aktivitas pemerintah dialihkan dengan menggunakan pelayanan online atau daring. Dengan adanya hal ini masyarakat yang ingin melakukan pelayanan administrasi kependudukan diharuskan melalui pelayanan online namun dilihat berdasarkan pemahaman masyarakat dan sistem pelayanan yang dirasa masih kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan e-Spasi (Elektronik Sistem Pendaftaran Antrian Via SMS) pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pemeriksaan keabsahan data menggunakan Triangulasi teknik, yaitu untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data pada sumber yang sama dengan menggunakan teknik yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian bahwa masih ada hambatan dalam pelayanan melalui sistem e-Spasi (Elektronik Sistem Pendaftaran Antrian Via SMS), yang menjadi hambatan yaitu sering terjadi perbaikan sistem (maintenance) sehingga mengganggu proses pelayanan adapun hambatan terkait pemahamam masyarakat yang kurang menyebabkan masih terdapat masyarakat yang tidak mengetahui prosedur pelayanan secara online sehingga masyarakat melakukan pelayanan secara manual. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu berdasarkan dimensi dan indikator sebagai alat ukur kualitas pelayanan menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan e-Spasi Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung masih terdapat beberapa hambatan yang perlu diperbaiki, permasalahan yang ada terkait sistem pelayanan secara online mengenai inovasi e-Spasi dan permasalahan lain terkait dimensi tangible yang dimana Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung masih kekurangan jumlah kursi tunggu sehingga berdampak kurang baik pada Kualitas pelayanan Disdukcapil Kota Bandung. Kata Kunci : Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 03:56 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53368 |
Actions (login required)
View Item |