PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN ISU DEBAT MELALUI MEDIA VIDEO MENGGUNAKAN MODA DARING GOOGLE MEET PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA KEMALA BHAYANGKARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ANIS MASLIANI AIN SUGIANTO, 175030044 (2021) PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN ISU DEBAT MELALUI MEDIA VIDEO MENGGUNAKAN MODA DARING GOOGLE MEET PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA KEMALA BHAYANGKARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK (B. INDONESIA).pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT (B. INGGRIS).pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK (B. SUNDA).pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam keterampilan berbicara terutama pada materi mengembangkan isu debat. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media yang kurang bervariasi sehingga minat peserta didik pun kurang. Peserta didik menjadi kesulitan dalam menuangkan dan mengembangkan ide, gagasana, pendapat dan argumennya. Adanya pandemi Covid-19 juga membuat pelaksanaan pembelajaran beralih menjadi daring. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan mengaplikasikan media video melalui moda daring pada pembelajaran mengembangkan isu debat. Moda daring yang diteliti adalah google meet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi terhadap pembelajaran mengembangka isu debat melalui media video menggunakan moda daring; mengetahui kemampuan peserta didik kelas ekperimen dalam pembelajaran mengembangka isu debat menggunakan moda daring google meet dibandingkan kelas kontrol menggunakan moda daring zoommeeting; mengetahui keefektifan moda daring google meet yang digunakan dalam pembelajaran mengembangka isu debat dibandingkan dengan menggunakan zoommeeting; mengetahui hasil belajar peserta didik kelas ekperimen dalam pembelajaran mengembangka isu debat menggunakan moda daring google meet dibandingkan kelas kontrol menggunakan moda daring zoom meeting. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain kuasi eksperimental. Adapun hasil penelitian yaitu, penulis mampu dalam merencanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 4 berkategori sangat baik, dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,8 berkategori sangat baik. Kemampuan peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata hasil pretes 60,93 > 58 dan ratarata hasil postes 75,09> 72,5. Moda daring google meet efektif digunakan pada kelas eksperimen dibandingkan zoom meeting pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan pada Uji Mann-Whitney (Gain) yang membuktikan hasil signifikasi 0,000. Apabila nilai sig 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa moda daring google meet pada pembelajaran mengembangkan isu debat cocok. Kata Kunci: Berbicara, Debat, Media Video, dan Google Meet.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Oct 2021 04:48
Last Modified: 23 Oct 2021 04:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53321

Actions (login required)

View Item View Item