PENGARUH ANALISIS JABATAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DAN PENDIDIKAN LUAR BIASA (PPPPTK TK DAN PLB)

RETNO NURHAYATI PRATIWI, NPM: 188010033 (2021) PENGARUH ANALISIS JABATAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DAN PENDIDIKAN LUAR BIASA (PPPPTK TK DAN PLB). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
JURNAL_RETNO_NURHAYATI_PRATIWI_188010033.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah kinerja pegawai Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa belum optimal. Hal ini diduha desebabkan oleh analisis jabatan yang belum dilaksanakan oleh lembaga secara operasional. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah deskfriptif analisis, yaitu metoe yang bersifat menggambarkan suatu keadaan yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilaksanakan, serta bagaimana hubungannya. Data yang ditetapkan dianalisis dan dibandingkan dengan teori yang ada serta masalah yang ada untuk diambil kesimpulannya. Adapun variabel penelitiannya adalah analisis jabatan sebagai variable analisis jabatan dan kinerja pegawai sebagai variabel terikat. Berdsarkan hasil penelitian secara simultan bahwa analisis jabatan secra empiris telah memberikan pengaruh sangat besar dan signifikan terhadap kinerja pegawai Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa (87,1%). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa analisis jabatan sangat dominan dalam mempengaruhi dan meningkatkan kinerja pegawai Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa, walaupun secara keseluruhan masih belum berjalan secara optimal. Disamping itu kinerja pegawai Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa ternyata tidak dipengaruhi oleh analisis jabatan semata, tetapi ada variabel laing yang juga ikut mempengaruhi (12,9%) atara lain: disiplin kerja, pemberian motivasi dan gaya kepemimpian. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial bahwa analisis jabatan telah mempengaruhi terhadap kinerja pegawai Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa. Hal tersebut tercermin dari hasil penelitian bahwa analisis jabatan walaupun telah dilaksanakan berdasarkan dimensi-dimensi analisis jabatan yang telah ditetapkan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa, sehingga berimplikasi pada kinerja pegawai. Adapun faktor analisis jabatan yang besar pengeruhnya terhadao kinerja pegawai Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa adalah dimensi persyaratan jabatan sebesar (19,4%), sedangkan yang paling kecil adalah uraian jabatan sebesar (19,4%). Kata Kunci : Analisis Jabatan, Kinerja Pegawai.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Oct 2021 06:18
Last Modified: 12 Oct 2023 02:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53233

Actions (login required)

View Item View Item