ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENYIKAPI MASALAH EKONOMI DIMASA PANDEMI (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 1 di SMA Karya Pembangunan Baleendah)

Asni Nurul Arafah, 175020103 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENYIKAPI MASALAH EKONOMI DIMASA PANDEMI (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 1 di SMA Karya Pembangunan Baleendah). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN (1).pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-dikonversi.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
BAB III-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (116kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian perencanaan pembelajaran Project Based Learning (PJBL), mengetahui kelebihan dan kelemahan dalam pelaksanaan pembelajaran Project Based Learning (PJBL), dan mengetahui penilaian dan evaluasi pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan pembelajaran Project Based Learning (PJBL) di SMA Karya Pembangunan sudah terlaksana dengan cukup baik begitupun dalam halnya membuat perangkat pembelajaran di awal semester dan mempersiapkan RPP sebelum melaksanakan proses pembelajaran 2. Pelaksanaan perencanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) di SMA Karya Pembangunan ini dilakukan cukup baik sesuai dengan RPP namun ada beberapa langkah yang tidak sesuai dengan RPP dimana guru tidak melakukan penjadwalan dengan siswa serta kurangnya monitoring yang dilakukan guru pada penyelesaian proyek siswa 3. Penilaian dan evaluasi dalam penggunaan Project Based Learning (PJBL) di SMA Karya Pembangunan oleh guru ekonomi sudah baik hal ini terlihat dari dokumen penilaian siswa baik penilaian tes lisan, tes tulis, maupun penilaian proyek. Namun penilaian portofolio dilakukan dengan pengamatan terhadap siswa saja. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan agar hasil penelitian kedepannya bisa lebih baik pada tahap penulisan bisa lebih baik lagi, pada tahap pembahasan harus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam menggukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan siswa, komunikatif siswa, kemampuan pemecahan masalah siswa, serta kemampuan pengembangan ide-ide siswa serta pada tahap penilaian harus dilakukan secara berkesinambungan sehingga mendapat hasil yang maksimal. Kata Kunci: model Pembelajaran project based learning (PJBL), masalah ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:34
Last Modified: 21 Oct 2021 04:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53231

Actions (login required)

View Item View Item