STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING DI AKUN INSTAGRAM MATERNAL DISASTER Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Social Media Marketing di Akun Instagram Maternal Disaster

Alvi Wahyu Wardhana, 172050254 (2021) STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING DI AKUN INSTAGRAM MATERNAL DISASTER Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Social Media Marketing di Akun Instagram Maternal Disaster. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Cover.docx

Download (248kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (313kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (31kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (4MB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.docx

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang strategi social media marketing melalui akun Instagram Maternal Disaster yang merupakan brand fashion yang mana telah berdiri lama sejak tahun 2003. Karena terbilang cukup lama, Maternal Disaster memanfaatkan media sosialnya untuk membangun brand awareness dan menjaga engagement agar konsumen lebih aware dengan Maternal Disaster itu sendiri. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori social presence dan konsep social media marketing (Lee,et al 2013). Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan pada penelitian dipilih sesuai dengan kebutuhan peneliti yaitu dua pihak Maternal Disaster sebagai digital marketing dan design strategy Instagram Maternal Disaster, dua konsumen Maternal Disaster yang mengikuti Instagram Maternal Disaster, serta informan akademisi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari lima karakteristik social media marketing yaitu participation yang menjelaskan bahwa konten yang diberikan Instagram Maternal Disaster menimbulkan participation berupa likes dan komentar dari konsumen Maternal Disaster, karakteristik kedua openness menjelaskan bahwa informasi yang diberikan Instagram Maternal Disaster jelas sehingga tidak ada hambatan antara konsumen dengan pihak Maternal Disaster. Karakteristik ketiga conversation menjelaskan bahwa konten yang diberikan Maternal Disaster menimbulkan conversation dari konsumen berupa komentar. Karakteristik keempat community menjelaskan Maternal Disaster membentuk komunitasnya dengan terarah sejak awal yaitu dengan culture anak muda seperti bmx, musik, hingga skateboard. Karakteristik kelima connectedness menjelaskan bahwa topik yang diberikan Maternal Disaster menimbulkan emosional terhadap konsumen dan strategi social media marketing Maternal Disaster berhasil membangun brand awareness dan menjaga engagement dari Maternal Disaster. Kata Kunci : Social Media Marketing, Social Presence, Engagement, Instagram, Maternal Disaster.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 18 Oct 2021 05:17
Last Modified: 18 Oct 2021 05:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53174

Actions (login required)

View Item View Item