MUHAMMAD FASYA PRAMUDIA, 175050003 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SEKOLAH MENENGAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01. Cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
02. Lembar Pengesahan.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
05. Abstrak Indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
06. Abstract.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
07. Abstrak Sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I_Fasya.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II_Fasya.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III_Fasya.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) |
||
Text
14. BAB IV_Fasya.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
||
Text
15. BAB V_Fasya.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (216kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan salah satu hal penting yang perlu dikuasai peserta didik. Selain itu, aspek afektif yang penting adalah selfconfidence yang merupakan sikap yakin terhadap kemampuan diri sendiri untuk memenuhi keinginan dan harapan serta akan merasa dirinya berharga, mempertimbangkan berbagai pilihan, dan dapat mengambil keputusan sendiri. Kurangnya kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa membuat peneliti melakukan analisis untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan selfconfidence siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) Mengkaji konsep Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis siswa, (2) Mengkaji kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sekolah menengah dengan model Treffinger, (3) Mengkaji self-confidence yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sekolah menengah dengan model Treffinger. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang terbagi atas artikel primer dan artikel sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah Editing, Organizing, dan Finding. Teknik analisis data yang digunakan berupa, induktif, deduktif, interpretatif, dan historis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif matematis adalah kemampuan dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematis dengan cara yang unik atau dengan suatu ide/gagasan yang baru sebagai alternatif jawaban dengan indikator kelancaran (fluency), kelenturan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration), (2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa meningkat setelah mendapatkan pembelajaran dengan model treffinger, (3) Model pembelajaran treffinger berpengaruh positif terhadap selfconfidence siswa. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Sikap Percaya Diri, Model Pembelajaran Treffinger
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 04:47 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53173 |
Actions (login required)
View Item |