ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SEKOLAH MENENGAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER

MUHAMMAD FASYA PRAMUDIA, 175050003 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SEKOLAH MENENGAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01. Cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. Abstrak Indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. Abstract.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. Abstrak Sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I_Fasya.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II_Fasya.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III_Fasya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
14. BAB IV_Fasya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
15. BAB V_Fasya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan salah satu hal penting yang perlu dikuasai peserta didik. Selain itu, aspek afektif yang penting adalah selfconfidence yang merupakan sikap yakin terhadap kemampuan diri sendiri untuk memenuhi keinginan dan harapan serta akan merasa dirinya berharga, mempertimbangkan berbagai pilihan, dan dapat mengambil keputusan sendiri. Kurangnya kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa membuat peneliti melakukan analisis untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan selfconfidence siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) Mengkaji konsep Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis siswa, (2) Mengkaji kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sekolah menengah dengan model Treffinger, (3) Mengkaji self-confidence yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sekolah menengah dengan model Treffinger. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang terbagi atas artikel primer dan artikel sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah Editing, Organizing, dan Finding. Teknik analisis data yang digunakan berupa, induktif, deduktif, interpretatif, dan historis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif matematis adalah kemampuan dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematis dengan cara yang unik atau dengan suatu ide/gagasan yang baru sebagai alternatif jawaban dengan indikator kelancaran (fluency), kelenturan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration), (2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa meningkat setelah mendapatkan pembelajaran dengan model treffinger, (3) Model pembelajaran treffinger berpengaruh positif terhadap selfconfidence siswa. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Sikap Percaya Diri, Model Pembelajaran Treffinger

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:47
Last Modified: 18 Oct 2021 04:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53173

Actions (login required)

View Item View Item