ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN IKLAN TEH BOTOL SOSRO VERSI SEMEJA BERSAUDARA

Chepy Andika, 172050189 (2021) ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN IKLAN TEH BOTOL SOSRO VERSI SEMEJA BERSAUDARA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN IKLAN TEH BOTOL SOSRO VERSI SEMEJA BERSAUDARA”. Iklan ini memiliki makna dan tanda-tanda yang dapat dimaknai sebagai wujud dalam memahami kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penanda (Signifier) dan Petanda (Signified) yang terdapat pada iklan “Teh Botol Sosro versi Semeja Bersaudara” selain untuk mengetahui makna pesan yang terkandung dalam penanda dan petanda yang ditampilkan, pada penelitian ini juga ditujukan untuk mengetahui bagaimana Konstruksi realitas sosial yang coba dibangun melalui iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan teori yang digunakan adalah teori semiotika Ferdinand De Saussure. Untuk menganalisis makna-makna yang terdapat dalam setiap adegan dalam iklan. Dengan mengacu pada teori pendukung konstruksi realitas sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi kepustakaan dan wawancara mendalam. Teknik analisis data pada penelitian kualitatif ini dilakukan beberapa tahap yaitu analisis teks, analisis pemrosesan dan analisis sosial. Hasil dari penelitian ini, penulis mengetahui bahwa dalam iklan TehBotol Sosro versi Semeja Bersaudara ini memiliki makna penanda dan petanda dalam setiap adegannya. Serta banyak kaitan dengan realitas dalam kehidupan di masyarakat. Sehingga pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh masyarakat.makna yang tersirat dalam iklan tersebut adalah jelas mereka ingin mengingatkan kesadaran kita bahwa sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan sangatlah penting dalam kehidupan, apa lagi kita hidup di Indonesia, negara yang memiliki aneka ragam perbedaan meliputi ras, suku dan agama. Maka dari itu kita harus bisa menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada. Kata Kunci: Ferdinand De Saussure, Makna, Pesan dan Analisis Somiotika.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 18 Oct 2021 03:52
Last Modified: 18 Oct 2021 03:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53161

Actions (login required)

View Item View Item