RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KINERJA DENGAN MEMPETIMBANGKAN SISTEM PENILAIAN AKREDITASI (SISPENA) DAN EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) (STUDY KASUS DI SMKS AL ILYAS MALANGBONG)

R. Deden Syamsu, NPM : 158030007 (2021) RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KINERJA DENGAN MEMPETIMBANGKAN SISTEM PENILAIAN AKREDITASI (SISPENA) DAN EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) (STUDY KASUS DI SMKS AL ILYAS MALANGBONG). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (903kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan penilaian berbasis kinerja dengan mempertimbangkan sistem pnilaian akreditasi (Sispena) dan evaluasi diri sekolah (EDS) pada study kasus di lembaga pendidikan khususnya di SMKS Al Ilyas Malangbong. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Penelitian dilakukan dengan mengukur tingkat kinerja SMKS Al Ilyas Malangbong terhadap empat aspek (perspektif) kinerja yang ada dalam Balanced Scorecard, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Data primer berupa kuesioner digunakan untuk mengukur kinerja perspektif pelanggan dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, sedangkan pengukuran terhadap kinerja perspektif keuangan dan perspektif proses bisnis internal menggunakan data sekunder. Responden dalam penelitian ini adalah para siswa dan guru/karyawan SMKS Al Ilyas Malangbong. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa kinerja SMKS Al Ilyas Malangbong secara keseluruhan berada pada kategori baik. Kinerja perspektif keuangan memperoleh kinerja baik yaitu memenuhi syarat ekonomis, efektif, dan efisien. Kinerja perspektif pelanggan memperoleh nilai dengan kategori baik. Kinerja perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja baik. Kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan kinerja baik. Dari hasil penelitian ini diharapkan SMKS Al Ilyas Malangbong (1) meningkatkan kinerja pada perspektif yang berada pada kategori baik menjadi sangat baik, (2) pegawai tata usaha dan tenaga perpustakaan perlu meningkatkan kualitas pelayanan kepada para siswa, (3) para guru lebih meningkatkan perhatian terhadap permasalahan belajar para siswa, (4) pimpinan sekolah semakin akomodatif dan kreatif dalam menangani setiap permasalahan sekolah, sehingga kinerja SMKS Al Ilyas Malangbong semakin lebih baik. Kata Kunci: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 15 Oct 2021 03:39
Last Modified: 15 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53121

Actions (login required)

View Item View Item