Mun Farida Mawaddah, 175020004 (2021) ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM OLEH GURU MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NUSANTARA BANDUNG TAHUN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
10. ABSTRACT.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
9. RINGKESAN.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II.pdf Download (495kB) | Preview |
|
Text
17. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
Text
18. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
||
Text
19. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Bagaimana perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi menggunakan media pembelajaran Google Classroom di SMA Nusantara Bandung (ii) Apakah pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Google Classroom pada mata pelajaran ekonomi di SMA Nusantara Bandung terbukti efektif (iii) Bagaimana penilaian pembelajaran menggunakan media Google Classroom pada mata pelajaran ekonomi di SMA Nusantara Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi dengan guru ekonomi dan wakasek bidang kurikulum di SMA Nusantara Bandung. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini yaitu (i) perencanaan pembelajarannya yaitu guru selalu membuat perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP pada awal semester atau sebelum mengajar (ii) pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Google Classroom tidak terlalu efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran secara daring pada mata pelajaran ekonomi (iii) penilaian pembelajaran menggunakan Google Classroom menggunakan 3 aspek yaitu aspek pengetahuan, sikap, keterampilan. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada (i) sekolah, menyarankan untuk mengadakan pelatihan guru mengenai teknologi pendidikan ataupun pengembangan teknologi pendidikan untuk meningkatkan kualitas guru di bidang teknologi pendidikan (ii) guru, Perencanaan pembelajaran seharusnya dibuat pada awal semester, Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Google Classroom guru harus lebih meningkatkan inovasi dan kreatifitas atau mencari referensi tentang pembelajaran secara daring dengan cara mengikuti acara seminar workshop, Penilaian pembelajaran menggunakan media Google Classroom guru dapat mentolelir peserta didik yang mengumpulkan tugas nya telat karena keterbatasan penunjang proses pembelajaran (iii) peneliti selanjutnya melakukan penelitian dengan tema yang sama dengan penelitian ini sehingga peneliti selanjutnya mampu mengkaji lebih baik dan lebih mendalam mengenai tema tersebut. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Google Classroom.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:23 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 06:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53075 |
Actions (login required)
View Item |