ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM OLEH GURU MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NUSANTARA BANDUNG TAHUN 2021/2022

Mun Farida Mawaddah, 175020004 (2021) ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM OLEH GURU MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NUSANTARA BANDUNG TAHUN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRACT.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
17. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Bagaimana perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi menggunakan media pembelajaran Google Classroom di SMA Nusantara Bandung (ii) Apakah pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Google Classroom pada mata pelajaran ekonomi di SMA Nusantara Bandung terbukti efektif (iii) Bagaimana penilaian pembelajaran menggunakan media Google Classroom pada mata pelajaran ekonomi di SMA Nusantara Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi dengan guru ekonomi dan wakasek bidang kurikulum di SMA Nusantara Bandung. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini yaitu (i) perencanaan pembelajarannya yaitu guru selalu membuat perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP pada awal semester atau sebelum mengajar (ii) pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Google Classroom tidak terlalu efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran secara daring pada mata pelajaran ekonomi (iii) penilaian pembelajaran menggunakan Google Classroom menggunakan 3 aspek yaitu aspek pengetahuan, sikap, keterampilan. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada (i) sekolah, menyarankan untuk mengadakan pelatihan guru mengenai teknologi pendidikan ataupun pengembangan teknologi pendidikan untuk meningkatkan kualitas guru di bidang teknologi pendidikan (ii) guru, Perencanaan pembelajaran seharusnya dibuat pada awal semester, Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Google Classroom guru harus lebih meningkatkan inovasi dan kreatifitas atau mencari referensi tentang pembelajaran secara daring dengan cara mengikuti acara seminar workshop, Penilaian pembelajaran menggunakan media Google Classroom guru dapat mentolelir peserta didik yang mengumpulkan tugas nya telat karena keterbatasan penunjang proses pembelajaran (iii) peneliti selanjutnya melakukan penelitian dengan tema yang sama dengan penelitian ini sehingga peneliti selanjutnya mampu mengkaji lebih baik dan lebih mendalam mengenai tema tersebut. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Google Classroom.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:23
Last Modified: 13 Oct 2021 06:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53075

Actions (login required)

View Item View Item