Rofilza Willani, 175060062 (2021) ANALISIS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Studi Kepustakaan atau Study Library). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KONSEP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DAN LKS BERBASIS CONTE.pdf Download (270kB) | Preview |
|
Text
BAB III LANGKAH-LANGKAH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DAN LKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
Text
BAB IV KESULITAN GURU DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DAN LKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
Text
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau mengkaji studi kepustakaan tentang analisis pengembangan bahan ajar dan LKS berbasis contextual teaching and learning di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian analisis kepustakaan ini adalah editing, organizing, dan finding. Selain teknik pengumpulan data terdapat analisis data dalam penelitian kepustakaan ini yaitu, deduksi dan interpretatif. Bahan ajar adalah sebuah bahan, alat, atau materi pembelajaran yang telah disusun secara sistematis dan digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah bahan ajar berupa lembaran-lembaran yang dibuat oleh guru sesuai dengan langkah-langkah sesuai dengan ketentuan yang harus dikerjakan oleh siswa berisikan latihan soal. Sedangkan contextual teaching and learning merupakan model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran yang mengkaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa tersebut. Dalam langkah-langkah pengembangan bahan ajar dan Lembar Kerja Siswa (LKS) guru tidak boleh asalasalan dalam membuat bahan ajar dan Lembar Kerja Siswa (LKS) harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kesulitan guru dalam mengkolaborasikan model pembelajaran yang kurang tepat dengan bahan ajar berupa LKS yang digunakan dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yaitu Contextual Teaching and Learning (CTL) karena guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki. Hal ini dapat terlihat oleh banyaknya teori-teori dan penelitian terdahulu yang mendukung analisis pengembangan bahan ajar dan LKS berbasis contextual teaching and learning di sekolah dasar. Kata Kunci: Bahan ajar, LKS, Contextual Teaching and Learning (CTL)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 09 Oct 2021 04:05 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 04:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52980 |
Actions (login required)
View Item |