ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MEMPEROLEH HASIL BELAJAR SISWA (Analisis Deskriptif Kualitatif Dengan Teknik Studi Pustaka)

Pratiwi, Henny (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MEMPEROLEH HASIL BELAJAR SISWA (Analisis Deskriptif Kualitatif Dengan Teknik Studi Pustaka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRISl.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pustaka tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Stad dalam memperoleh hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah editing, organizing, dan finding. Teknik analisis data yang dilakukan secara deduktif dan interpretatif. Dalam hal ini hasil belajar merupakan suatu perubahan baik dari aspek afektif, kognitif, maupun psikomotorik yang dilakukan oleh siswa untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran dapat tercapai utnuk mengukur keberhasilan dalam belajar. Maka dari itu untuk bisa meningkatkan hasil belajar siswa perlu adanya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, keterlibatan tersebut dimana dalam pembelajarannya anak harus berperan aktif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model untuk meningkatkan keberhasilan belajar siswa yaitu model kooperatif tipe Stad. Model pembelajaran kooperatif tipe Stad menekankan kepada bekerja sama antar siswa satu dengan lainnya sehingga dapat menyelesaikan masalah dalam pembelajaran, dalam pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Stad memiliki langkah-langkah yang dilakukan yaitu menyampaikan tujuan, menyajikan informasi pelajaran, pembagian kelompok secara heterogen, pembagian tugas-tugas dalam kelompok, diskusi kelompok, mempresentasikan materi kepada kelompok lain, evaluasi berupa kuis maupun tes, pemberian penghargaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif tipe Stad rata-rata mampu meningkatkan hasil belajar siswa, karena terlaksananya aspekaspek aktivitas guru dan siswa dikategorikan lebih aktif dalam pembelajarannya sehingga mengalami peningkatan belajar dalam pembelajaran dikelas. Dimana model kooperatif tipe Stad ini siswa dapat bekerja sama untuk menyelesaikan tugasnya dan saling bertanggung jawab atas pekerjaannya sendiri. Hal ini dilihat dari banyaknya teori yang mendukung model kooperatif tipe Stad terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Kooperatif learning tipe Stad, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:21
Last Modified: 07 Oct 2021 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52965

Actions (login required)

View Item View Item