PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM CLOUD MEETING TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn (Studi Survei di Kelas XI SMA Negeri 6 Bandung)

Anisa Listanti, Virgia (2021) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM CLOUD MEETING TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn (Studi Survei di Kelas XI SMA Negeri 6 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan aplikasi zoom cloud meeting terhadap kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah metode survei dan pendekatan kuantitatif serta variabel independen analisi ini yaitu aplikasi zoom cloud meeting dan variabel dependennya adalah kedisiplinan belajar. Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yaang digunakan beruapa kelas XI IPS 2,3 dan MIPA 1,4,5,6. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Data yang didapatkan dianalisis dengan asumsi klasik uji normalitas dan untuk mengetahui variabel tersebut berpengaruh menggunakan uji lienar dan regresi lienar sederhana serta menggunakan statistik inferensial (uji-t) setelah itu untuk mengetahui tingkat persentase dari pengaruh variabel tersebut dengan menggunakan uji determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan aplikasi zoom cloud meeting terhadap kedisiplinan belajar peserta didik cukup baik. Kemudian dari hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis menggunakan ujit menunjukan nilai t hitung = 15,647 > 1,973 = t tabel. Maka dari itu variabel aplikasi zoom cloud meeting berpengaruh terhadap variabel kedisiplinan belajar peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasannya terdapat 57.6 % peserta didik disiplin belajar dalam menggunakan aplikasi zoom cloud meeeting, peserta didik juga terlihat sangat antusias dan merasa cukup optimal saat proses pembelajaran menggunakan aplikasi zoom cloud meeting ini. Kata Kunci: Aplikasi zoom cloud meeting¸ Kedisiplinan Belajar, Pendikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2021 03:19
Last Modified: 02 Oct 2021 03:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52744

Actions (login required)

View Item View Item