PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KELURAHAN CIBADUYUT KIDUL KECAMATAN BOJONGLOA KIDUL KOTA BANDUNG

GITA OCTAVIA, NPM. 188010029 (2021) PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KELURAHAN CIBADUYUT KIDUL KECAMATAN BOJONGLOA KIDUL KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
GITA OCTAVIA_MIAcopy.docx

Download (66kB)

Abstract

Penelitian tentang “Pengaruh Implementasi Kebijakan Terhadap Efektivitas Pelaksanaan Program Keluraga Harapan di Kelurahan Cibaduyut Kidul Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung”, dilaksanakan karena adanya berbagai permasalahan diantaranya belum efektifnya implementasi kebijakan yang dilakukan oleh Pendamping dan Koordinator. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh baik Secara Simultan maupun Parsial Implementasi Kebijakan Terhadap Efektivitas Pelaksanaan Program Keluraga Harapan di Kelurahan Cibaduyut Kidul Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu Implementasi Kebijakan dan Efektivitas Program. Dimana teori implementasi kebijakan yang digunakan adalah teori dari Van Metter dan Van Horn yang menyebutkan bahwa Implementasi Kebijakan dipengaruhi oleh enam dimensi yaitu Sasaran Kebijakan, Sumber Daya, Karakteristik Agen Pelaksana, Sikap Kecenderungan Para Pelaksana, Komunikasi Antar Organisasi, serta Lingkungan Sosial, Politik dan Ekonomi. Sedangkan teori Efektivitas menggunakan Robbins, yang menyatakan bahwa efektivitas dipengaruhi oleh Waktu, Tugas, Produktivitas, Motivasi, Evaluasi Kerja, Pengawasan, Lingkungan Kerja, Perlengkapan dan Fasilitas. Dengan demikian menurut Mahsun, teori penghubung antara Implementasi Kebijakan dengan Efektivitas Program adalah efektivitas memiliki hubungan yang erat dengan implementasi kebijakan dalam mencapai tujuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa onservasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Path Analisys. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pengaruh Implementasi Kebijakan terhadap Efektivitas Pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Kelurahan Cibaduyut Kidul Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung secara optimal yaitu sebesar 65,1%, artinya pengaruh Implementasi Kebijakan terhadap Efektivitas Pelaksanaan Program Keluarga Harapan menunjukan pengaruh yang positif dengan derajat hubungan yang kuat. Dimana nilai tersebut menunjukan Implementasi Kebijakan yang telah dilakukan oleh pelaksana kebijakan yang dalam hal ini adalah petugas Pendamping PKH, Koordinator PKH, dan Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial telah dilaksanakan dengan baik sehingga efektivitas pelaksanaan program dapat berjalan dengan optimal. Sedangkan pengaruh variabel lain diluar variabel yang dikaji adalah sebesar 34,9% seperti kepemimpinan, pengawasan, koordinasi, evaluasi dan lain sebagainya. Dengan demikian kesimpulannya adalah Implementasi Kebijakan sangat berpengaruh terhadap Efektivitas Pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Kelurahan Cibaduyut Kidul Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan Dan Efektivitas Program.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:38
Last Modified: 30 Sep 2021 07:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52726

Actions (login required)

View Item View Item