REKULTURISASI NILAI-NILAI KEJUJURAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Deskriptif di SMA Negeri 1 Kota Pangkalpinang)

DELLA JULIANSARI, 175010033 (2021) REKULTURISASI NILAI-NILAI KEJUJURAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Deskriptif di SMA Negeri 1 Kota Pangkalpinang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
FILE 1. JUDUL.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 6. BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 7. BAB II.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
FILE 8 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
FILE 9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
FILE 10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
FILE 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai kejujuran peserta didik melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di masa pandemi Covid-19. Saat ini kondisi tersebut membuat semakin maraknya kecurangan yang terjadi dalam proses pembelajaran salah satunya peserta didik tidak menghadiri pembelajaran daring dengan berbagai alasan yang irasional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses rekulturisasi atau pembudayaan nilai kejujuran melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan selama daring ini cukup baik dengan menggunakan pendekatan-pendekatan penanaman nilai kejujuran dengan keteladanan dan pembiasaan, seperti guru memasuki pembelajaran zoom dengan tepat waktu, selalu mengucapkan terimakasih kepada peserta didik yang telah bersedia unuk mengikuti pembelajaran daring; (2) Hambatan terhadap pembudayaan nilai-nilai kejujuran pada masa daring ialah susulit mengkontrol aktivitas perilaku kejujuran peserta didik, adanya peserta didik yang sulit untuk mengaktifkan kamera zoom dan ditemukannya jawaban tugas peserta didik yang serupa dengan temannya; (3) Upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi hambatan atau kendala tersebut adalah guru menjalin komunikasi yang baik kepada orang tua peserta didik dan melatih sikap jujur peserta didik dengan memberikan tugas yang bersifat nalar atau hasil dari pendapat pribadi sehingga menumbuhkan nilai-nilai kejujuran pada peserta didik. Kata Kunci : Rekulturisasi, Peserta Didik, Karakter, Nilai Kejujuran, PPKn

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:04
Last Modified: 29 Sep 2021 06:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52631

Actions (login required)

View Item View Item