PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH, DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KOMITMEN GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU SMA SWASTA TERAKREDITASI “A” DI KOTA MEDAN

HULIMAN, NPM. 179010035 (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH, DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KOMITMEN GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU SMA SWASTA TERAKREDITASI “A” DI KOTA MEDAN. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
HULIMAN_DIM copy.docx

Download (201kB)

Abstract

Keberhasilan pelaksanaan pembangunan bidang pendidikan menengah di Kota Medan akan bergantung kepada tata kelola kelembagaan pendidikan itu sendiri, khususnya tata kelola SMA negeri dan swasta akan sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusianya, mulai dari kualitas pimpinan, guru, dan tenaga penunjang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Kompetensi Guru terhadap Komitmen Guru serta Implikasinya pada Kinerja Guru SMA Swasta terakreditasi “A” di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Metode penelitian yang digunakan adalah descriptive survey dan explanatory survey. Dalam penelitian ini, yang menjadi sampel adalah guru tetap yayasan sebanyak 219 Guru. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Kompetensi Guru terhadap Komitmen Guru serta terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari Komitmen Guru terhadap Kinerja Guru SMA Swasta terakreditasi “A” di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Kompetensi Guru, Komitmen Guru, Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:43
Last Modified: 14 Sep 2021 05:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52565

Actions (login required)

View Item View Item