PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KEMAMPUAN PELAYANAN TERA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS INFORMASI PENILAIAN (Studi Kasus di Seksi Penilaian Sub Direktorat Kelembagaan dan Penilaian Kemetrologian Direktorat Metrologi Bandung)

Yudhi Firman Nugraha, NPM. 188020138 (2021) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KEMAMPUAN PELAYANAN TERA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS INFORMASI PENILAIAN (Studi Kasus di Seksi Penilaian Sub Direktorat Kelembagaan dan Penilaian Kemetrologian Direktorat Metrologi Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Yudhi Firman Nugraha_MM copy.docx

Download (58kB)

Abstract

Direktorat Metrologi merupakan instansi pembina kegiatan kemetrologian di Indonesia, salah satu tugasnya yaitu melaksanakan penilaian kemampuan pelayanan tera bagi Unit Metrologi Legal Kab/Kota yang akan melaksanakan pelayanan tera kepada masyarakat. Seksi yang menangani hal tersebut yaitu seksi penilaian sesuai Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 115 Tahun 2018 tentang Unit Metrologi Legal, akan tetapi dalam pelaksanaannya masih dilaksanakan secara manual sehingga banyak kendala yang dihadapi. Sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan Dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government, maka penilaian kemampuan pelayanan tera tersebut wajib memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dalam hal ini membangun sistem informasi agar bisa memberikan pelayanan prima dan meminimalisir kendala yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan merancang sistem informasi penilaian kemampuan pelayanan tera dalam rangka meningkatkan kualitas informasi penilaian. Dalam penelitian ini metoda yang digunakan yaitu waterfall yang terfokus pada tahap analisis dan desain. Pada tahap analisis mencakup analisis input, proses, dan output, dan analisis dokumen, serta analisis level penggun. Pada tahap desain mencakup membuat flowchart, membuat use case diagram, membuat activity diagram, merancang layout, antar muka, dan output, merancang template dokumen, merancang ERD, dan merancang rencana implementasi. Penelitian ini menghasilkan rancangan sistem informasi enilaian kemampuan pelayanan tera dalam rangka meningkatkan kualitas informasi penilaian. Kata Kunci : Sistem Informasi Penilaian, Pelayanan Tera, Kualitas Informasi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 04 Aug 2021 04:43
Last Modified: 04 Aug 2021 06:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52294

Actions (login required)

View Item View Item