PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN METODE POSTER COMMENT UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PGRI 2 KOTA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Lani Indriani, NPM. 178090013 (2021) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN METODE POSTER COMMENT UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PGRI 2 KOTA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Lani Indriani_MPBI copy.docx

Download (86kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi teks prosedur dengan menggunakan metode poster comment dan pengaruhnya terhadap peningkatan literasi informasi pada peserta didik kelas XI SMA PGRI 2 Bandung tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed method) dengan jenis penelitian tipe The Exploration Squensial Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk menguji kemampuan mengidentifikasi teks prosedur serta mengidentifikasi kemampuan literasi informasi peserta didik di kelas XI SMA PGRI 2 Bandung. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Simpulan hasil penelitian ini adalah: 1) Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi teks prosedur dengan menggunakan metode poster comment bagi kelas eksperimen tidak jauh lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan metode inkuiri sebagai kelas kontrol. 2) Hasil dari peningkatan kemampuan literasi informasi peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi teks prosedur dengan menggunakan metode poster comment sebagai kelas eksperimen memiliki peningkatan yang sama dengan peserta didik yang menggunakan metode inkuiri sebagai kelas kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi teks prosedur dengan menggunakan metode poster comment sebagai kelas eksperimen sangat terlihat jelas perbedaannya dengan peserta didik yang menggunakan metode inkuiri.4) Perbedaan keefektifan metode poster comment dalam pembelajaran mengidentifikasi teks prosedur dalam peningkatan kemampuan literasi informasi sebagai kelas eksperimen tidak adanya perbedaan yang siginifikan dengan peserta didik yang menggunakan metode inkuiri.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:03
Last Modified: 15 Jun 2021 03:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52159

Actions (login required)

View Item View Item