PROSES PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA PRA REMAJA MELALUI PEMBUATAN LAGU TATA SURYA PADA ALBUM KEDUA DI RUMAH BINTANG. Jintan Fitriyah:15.6040029

Jintan Fitriyah, R. Yeni Dewi Cahyani, S.S., M.Pd., dan Ferry Matias S.Sn M.Sn., (2021) PROSES PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA PRA REMAJA MELALUI PEMBUATAN LAGU TATA SURYA PADA ALBUM KEDUA DI RUMAH BINTANG. Jintan Fitriyah:15.6040029. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img]
Preview
Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FIX.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FIX.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
BAB III FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
BAB IV FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk membuat sebuah ide atau gagasan yang menghasilkan karya cipta, kemampuan ini adalah aktifitas imajinatif yang hasilnya merupakan bentuk kombinasi berdasarkan informasi maupun pengalaman-pengalaman yang diperoleh. Kemampuan yang harus dikembangkan pada usia pra remaja adalah kreativitas karena usia pra remaja sudah mempunyai kepekaan intelektual yang tinggi dalam hal ini perlu adanya pendorong baik dari diri sendiri maupun lingkungan agar tumbuh secara optimal. Proses pengembangan kreativitas melalui pembuatan lagu tata surya di Rumah bintang dilakukan dengan berbagai macam kegiatan seperti kegiatan eksplorasi, knowledge, story telling, dan menulis. Proses pembuatan komposisi lagu tata surya di Rumah Bintang melibatkan anak-anak secara langsung yang di arahkan oleh mentor. Proses kegiatan yang dilaksanakan dimulai dari berdiskusi tema lagu, pembuatan lirik, dan pembuatan melodi sampai dengan kegitan rekaman lagu tata surya. Proses merupakan serangkaian kegiatan dari persiapan hingga diperolehnya hasil. Dari proses ini lah anak-anak di Rumah Bintang medapatkan bermacam-macam pengalaman baru, dengan pembuatan lagu tata surya sebagai satu bentuk upaya pengembangan kreativitas untuk melahirkan ide-ide kreatif, konsep, dan gagasan baru yang ditumpahkan menjadi sebuah karya lagu. Pengembangan karakter dan minat setiap anak lebih terlihat dan dapat diarahkan dan dipersiapkan agar kemampuan bakat dan kreativitas mereka dapat lebih terasah. Pemilihan tema musik anak dilatar belakangi keprihatinan Rumah Bintang atas berkurangnya eksistensi musik anak yang tergantikan oleh musik�musik dewasa. Kondisi ini dirasa kurang baik bagi perkembangan psikologis anak. Dengan adanya proyek ini Rumah Bintang bertujuan untuk mengeksiskan kembali lagu-lagu anak agar dapat dinikmati oleh anak sesuai dengan usianya. Kata Kunci : Proses Pengembangan Kreativitas, Anak Usia Praremaja, Pembuatan Lagu anak, Seni Musik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2020
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 09 Jun 2021 03:36
Last Modified: 09 Jun 2021 03:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52096

Actions (login required)

View Item View Item