PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM MELALUI M-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XII SMAN 1 DARANGDAN

Romlah, NPM. 188090020 (2021) PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM MELALUI M-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XII SMAN 1 DARANGDAN. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL TESIS ROMLAH NPM 188090020.docx

Download (60kB)

Abstract

Keterbatasan guru dalam menggunakan media dan model pembelajaran berpengaruh pada permasalahan kemampuan membaca peserta didik. Media Google Classroom melalui M-Learning dianggap penulis dapat menjadi solusi pembelajaran membaca pemahaman dan berdampak pada kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis dampak serta hubungan penerapan media Google Classroom dalam pembelajaran membaca pemahaman dengan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kombinasi (mixed method). Desain penelitian yang digunakan adalah One Grup Pretest-Posttest (Tes Awal- Tes Akhir pada kelompok tunggal). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Darangdan Kabupaten Purwakarta. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes, angket, dan wawancara. Instrumen tersebut dikategorikan layak setelah dilakukan uji coba instrumen dan dilakukan analisis uji coba statistik (validitas, realibilitas, uji pembeda, serta indeks kesukaran). Perhitungan penelitian ini melalui uji rata-rata pretest dan posttest, mengetahui nilai minimum dan maksimum, dan uji independent sampel t-test. Hasil penelitian, yaitu (1) penerapan media Google Classroom melalui M-Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis Peserta Didik kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Darangdan, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara media Google Classroom dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik karena semakin meningkatnya penerapan media Google Classroom melalui M-Learning maka akan meningkat pula kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Media Google Classroom, M-Learning, Membaca Pemahaman.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 30 Mar 2021 03:26
Last Modified: 30 Mar 2021 03:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51091

Actions (login required)

View Item View Item