ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MATA PELAJARAN IPA DI SD

Fikry Putra Pratama, 165060073 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MATA PELAJARAN IPA DI SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)

Abstract

Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran IPA di sekolah dasar dengan menggunakan Model Problem Based Learning Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada keadaan pendidikan di era globalisasi yang mana menuntut untuk meningkatkan kwalitas sumber daya manusia yang lebih baik. Pendidikan merupakan sarana mutlak yang digunakan untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki kemampuan untuk menguasai, mengembangkan, mengendalikan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan tidak hanya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, namun pendidikan juga turut membentuk watak dan sikap anak bangsa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustkaan atau studi literatur yaitu serangkaian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Adapun fokus penelitian yang dianalisis dengan masalah utama yaitu mengenai penggunaan model problem based learning meningkatkan hasil belajar siswa dari penelitian sebelumnya dari berbagai ahli. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan cara mencari data berupa dokumen dari berbagai sumber seperti buku dan jurnal, sedangkan teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis bersifat dedukatif dan induktif. Hasil penelitian yang peneliti temukan terkait dengan analisis penggunaan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa dari sumber jurnal menunjukan bahwa penggunaan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa mengalami kenaikan yang signifikan, Problem based learning merupakan salah satu model yang paling efektif dalam pengembangan hasil belajar siswa baik dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotor Kata Kunci : Model problem based learning, hasil belajar, Pembelajaran di era globalisasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2020
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 22 Mar 2021 03:06
Last Modified: 22 Mar 2021 03:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51029

Actions (login required)

View Item View Item