PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN HIKAYAT KE DALAM BENTUK CERPEN DENGAN MEMERHATIKAN ISI DAN NILAI-NILAI MENGGUNAKAN METODE SUGESTI IMAJINASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

YOGI GUNAWAN SUGIYO, 155030012 (2021) PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN HIKAYAT KE DALAM BENTUK CERPEN DENGAN MEMERHATIKAN ISI DAN NILAI-NILAI MENGGUNAKAN METODE SUGESTI IMAJINASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 Abstrak Bahasa.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 Abstract.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 Ringkesan.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB II.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
15 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
16 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan landasan permasalahan dalam kebahasaan khususnya dalam keterampilan menulis. Permasalahan tersebut dialami oleh peserta didik yang memiliki kesulitan dan kurang minat saat menciptakan suatu karya tulis, terlebih karya tulis tersebut yang berkonteks fiksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan peneliti dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran mengembangkan hikayat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai menggunakan metode sugesti imajinasi; mengetahui kemampuan peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran mengembangkan hikayat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai menggunakan metode sugesti imajinasi dibandingkan kelas kontrol; mengetahui hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran mengembangkan hikayat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai meggunakan metode sugesti imajinasi dibandingkan kelas kontrol; mengetahui keefektifan metode sugesti imajinasi dibandingkan metode artikulasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: telaah pustaka, observasi, uji coba, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitian, penulis mampu dalam merancanakan pembelajaran dengan memeroleh nilai sebesar 3,8 yang berkategori sangat baik dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh 3,5 berkategori sangat baik. Kemampuan dan hasil peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai pretes yang diperoleh sebesar 58,10>46,03 dan hasil rata-rata nilai postes sebesar 82,76>66,72. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol dengan dilihat dari hasil Uji Mann-Whitney (Gain) yang membuktikan signifikasi 0,000. Apabila nilai sig 0,000 < 0,05, maka hipotesis penelitian dapat diterima. Kata Kunci: Eksperimen, sugesti imajinasi, mengembangkan, hikayat, cerpen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2020
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 16 Mar 2021 04:54
Last Modified: 16 Mar 2021 04:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51009

Actions (login required)

View Item View Item