YOGI GUNAWAN SUGIYO, 155030012 (2021) PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN HIKAYAT KE DALAM BENTUK CERPEN DENGAN MEMERHATIKAN ISI DAN NILAI-NILAI MENGGUNAKAN METODE SUGESTI IMAJINASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01 COVER.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
02 Lembar Pengesahan.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
05 Abstrak Bahasa.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
06 Abstract.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
07 Ringkesan.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
13 BAB I.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
14 BAB II.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text
15 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
Text
16 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
17 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
Text
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan landasan permasalahan dalam kebahasaan khususnya dalam keterampilan menulis. Permasalahan tersebut dialami oleh peserta didik yang memiliki kesulitan dan kurang minat saat menciptakan suatu karya tulis, terlebih karya tulis tersebut yang berkonteks fiksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan peneliti dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran mengembangkan hikayat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai menggunakan metode sugesti imajinasi; mengetahui kemampuan peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran mengembangkan hikayat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai menggunakan metode sugesti imajinasi dibandingkan kelas kontrol; mengetahui hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran mengembangkan hikayat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai meggunakan metode sugesti imajinasi dibandingkan kelas kontrol; mengetahui keefektifan metode sugesti imajinasi dibandingkan metode artikulasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: telaah pustaka, observasi, uji coba, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitian, penulis mampu dalam merancanakan pembelajaran dengan memeroleh nilai sebesar 3,8 yang berkategori sangat baik dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh 3,5 berkategori sangat baik. Kemampuan dan hasil peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai pretes yang diperoleh sebesar 58,10>46,03 dan hasil rata-rata nilai postes sebesar 82,76>66,72. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol dengan dilihat dari hasil Uji Mann-Whitney (Gain) yang membuktikan signifikasi 0,000. Apabila nilai sig 0,000 < 0,05, maka hipotesis penelitian dapat diterima. Kata Kunci: Eksperimen, sugesti imajinasi, mengembangkan, hikayat, cerpen
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2020 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 04:54 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 04:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51009 |
Actions (login required)
View Item |