Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa

Lina Maryani, NPM. 188060032 (2021) Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Lina Maryani_MPM.docx

Download (88kB)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini untuk menganalisis peningkatan dan korelasi antara kemampuan berpikir kreatif, kemampuan pemecahan masalah serta motivasi belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dengan pembelajaran konvensional pada bangun ruang sisi lengkung. Metode penelitian ini menggunakan mix method tipe PTK dengan sampel penelitian sebanyak 64 siswa kelas IX SMPN 1 Tanjungkerta. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan PMR dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pendekatan PMR lebih baik daripada pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pendekatan PMR lebih baik daripada pembelajaran konvensional, terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif dengan motivasi belajar siswa, tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan motivasi belajar siswa, tidak terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan pendekatan PMR dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Pendidikan Matematika Realistik, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:18
Last Modified: 01 Mar 2021 04:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50927

Actions (login required)

View Item View Item