PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMUNIKASI, MOTIVASI DAN KOMPETENSI TERHADAP BUDAYA KERJA YANG BERIMPLIKASI PADA KINERJA GURU SMK SE-BALAI PELAYANAN DAN PENGAWASAN PENDIDIKAN WILAYAH V DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT THE INFLUENCE OF LEADERSHIP, COMMUNICATION, MOTIVATION AND COMPETENCY ON WORKING CULTURE EFFECTED ON TEACHER'S PERFORMANCE AT VOCATIONAL SCHOOL IN SERVICE AND SUPERVISION AREA V EDUCATION AUTHORITISE WEST JAVA PROVINCE

SUDIBYO BUDI UTOMO, NPM. 149010031 (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMUNIKASI, MOTIVASI DAN KOMPETENSI TERHADAP BUDAYA KERJA YANG BERIMPLIKASI PADA KINERJA GURU SMK SE-BALAI PELAYANAN DAN PENGAWASAN PENDIDIKAN WILAYAH V DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT THE INFLUENCE OF LEADERSHIP, COMMUNICATION, MOTIVATION AND COMPETENCY ON WORKING CULTURE EFFECTED ON TEACHER'S PERFORMANCE AT VOCATIONAL SCHOOL IN SERVICE AND SUPERVISION AREA V EDUCATION AUTHORITISE WEST JAVA PROVINCE. Disertasi(S3) thesis, Universitas Pasundan.

[img] Text
ARTIKEL (SUDIBYO).docx

Download (419kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum efektif kepemimpinan Kepala Sekolah, Komunikasi guru dengan peserta didik / siswa/i masih belum efektif, motivasi kerja dan kompetensi guru yang belum optimal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru. Budaya kerja yang masih rendah dan kinerja guru yang masih perlu ditingkatkan. Lokus penelitian adalah SMK Se-Balai Pelayanan Dan Pengawasan Pendidikan Wilayah V yang representatif untuk dilakukan penelitian sebagai representasi provinsi Jawa Barat. Responden (unit analisis) dalam penelitian adalah guru berstatus PNS (Pegawai Negeri Sipil) di SMK Se-Balai Pelayanan Dan Pengawasan Pendidikan Wilayah V. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah proportionate cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dan verifikatif. Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian secara deskriptif menjunjukkan bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah, komunikasi, motivasi, kompetensi, budaya kerja dan kinerja guru bergerak dari mulai cukup sampai dengan baik. Hasil penelitian secara verifikatif menunjukkan bahwa Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi, Motivasi dan Kompetensi terhadap Budaya Kerja sebesar 77.75%. Pengaruh Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru sebesar 85,31%. Hal ini membuktikan secara empiris bahwa budaya kerja merupakan intervening antara kepemimpinan Kepala sekolah, komunikasi, motivasi dan kompetensi dengan kinerja guru. Kata Kunci : Kepemimpinan, Komunikasi, Motivasi, Kompetensi, Budaya Kerja, Kinerja Abstract

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 28 Jan 2021 04:59
Last Modified: 28 Jan 2021 04:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50370

Actions (login required)

View Item View Item