PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TERHADAP KINERJA PENYIDIK PADA KANWIL DJP JAWA BARAT I (Studi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 70/PMK.03/2017 Tentang Petunjuk Teknis Mengenai Akses Informasi Keuangan Untuk Kepentingan Perpajakan)

Dani Rahmat, NPM. 188010036 (2020) PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TERHADAP KINERJA PENYIDIK PADA KANWIL DJP JAWA BARAT I (Studi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 70/PMK.03/2017 Tentang Petunjuk Teknis Mengenai Akses Informasi Keuangan Untuk Kepentingan Perpajakan). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
GFA Jurnal Tesis_Dani Rhmt_MIA copy.docx

Download (31kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Kinerja Penyidik Pada Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I diduga belum berjalan secara efektif. Hal ini diduga disebabkan oleh Implementasi Kebijakan Akses Informasi Keuangan yang belum dilaksanakan secara efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey explanatory, dengan pendekatan kuantitatif. Metode ini bertujuan untuk menguji hipotesis penelitian yang telah dirumuskan sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk melakukan pola hubungan atau sebab akibat antara nilai suatu variabel (variable dependen) jika nilai variabel yang lain berhubungan dengannya (variable independen). Berdasarkan hasil penelitian secara simultan bahwa dapat dijelaskan bahwa Implementasi Kebijakan memberikan pengaruh yang sangat besar dan signifikan terhadap Kinerja Penyidik Pada Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I (82,3%). Artinya Implementasi Kebijakan sangat dominan dan dapat menentukan terhadap tercapainya kinerja Kinerja Penyidik Pada Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I.. Disamping itu pula bahwa peneliti menemukan bahwa Kinerja Penyidik Pada Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I, ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh Implementasi Kebijakan semata, tetapi ada variabel lain yang juga ikut mempengaruhinya (17,7%), seperti antara lain sikap pelaksana kebijakan akses informasi keuangan dari pihak lembaga jasa keuangan. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial bahwa Implementasi Kebijakan melalui dimensi-dimensinya memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Penyidik Pada Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I. Hal tersebut tercermin dari hasil penelitian yang menggambarkan bahwa implementasi kebijakan yang diukur melalui dimensi ukuran dan tujuan kebijakan (9,70%), sumber-sumber kebijakan (26,80%), ciri-ciri atau sifat badan/instansi pelaksanan (6,20%), komunikasi antar organsiasi terkait dan kegiatan pelaksanaan (19,20%), sikap para pelaksana (17,30%) dan lingkungan eksospol (3,10%) berpengaruh cukup signifikan terhadap Kinerja Penyidik Pada Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I, walaupun secara menyeluruh belum sepenuhnya berjalan dengan efektif, sehingga berimplikasi pada kinerja penyidik. Adapun pengaruh yang paling besar adalah dimensi Sumber-sumber kebijakan (26,80%) , sedangkan pengaruh yang paling kecil adalah dimensi Lingkungan eksospol (3,10%). Kata kunci: Implementasi kebijakan dan Kinerja Penyidik

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 04 Jan 2021 02:31
Last Modified: 04 Jan 2021 02:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50200

Actions (login required)

View Item View Item