SERA RIZIKIA, 165040038 (2020) PERANAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN E-LEARNING SEBAGAI KOMPONEN TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM IMUN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SERA.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
9. RINGKESAN.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (645kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode e-learning terhadap peran multimedia dalam komponen TPACK pada materi sistem imun sebagai kegiatan pembelajaran. Berpikir kritis adalah proses siswa berpikir tingkat tinggi yang dapat diukur melalui penilai aspek kognitif. Subjek yang digunakan sebanyak 35 orang kelas XI MIPA 3 SMAN 12 Bandung, adapun desain yang digunakan yakni One Group Pretest Posttest. Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa berupa test yakni pretest dan posttest dengan menggunakan 25 jenis soal berupa pilihan ganda dan 5 alternatif jawaban pilihan, data non test dilihat berdasarkan respon siswa melalui angket. Dapat dilihat dari peningkatan skor (Gain= 580), dari 35 siswa diketahui bahwa 3 orang siswa memiliki kategori tingggi dengan jumlah 8,57%, 25 siswa memiliki kategori sedang dengan jumlah 71,43% dan 7 orang memiliki kategori rendah dengan jumlah 20%. Adapun hasil respon siswa melalui angket dapat diketahui bahwa dalam pernyataan 1 terdapat 65% pada kategori cukup, pernyataan 2 terdapat 50% pada kategori kurang sekali, pernyataan 3 terdapat 67% pada kategori cukup, pernyataan 4 terdapat 51,7% pada kategori kurang sekali, dan pernyataan 5 terdapat 62% kategori cukup. Dapat disimpulkan bahwa siswa menyetujui pembelajaran menggunakan multimedia, akan tetapi siswa belum sepenuhnya memahami materi karena peran media dalam pembelajaran belum mencapai pada kategori tinggi. Kata Kunci: E-learning, TPACK, kemampuan berpikir kritis siswa, sistem imun.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 18 Nov 2020 04:14 |
Last Modified: | 18 Nov 2020 04:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50035 |
Actions (login required)
View Item |