ANALISIS METODE ROLE PLAYING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

HUMAIROH LAILA RAHMAH, 165040034 (2020) ANALISIS METODE ROLE PLAYING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran biologi sering kali dianggap sulit oleh peserta didik, hal ini dikarenakan banyaknya konsep pembelajaran pada materi-materi yang diajarkan dan dinilai abstrak . Peserta didik memiliki kemampuan berpikir secara dasar dan pemikirannya belum berkembang dikarenakan proses pembelajaran masih lemah dan belum sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode role playing dengan model berpikir induktif berorientasi kearifan lokal pada pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Hasil analisis menunjukkan bahwa metode Role Playing berbasis kearifan lokal berkaitan dengan model pembelajaran berpikir induktif setelah diorientasikan dengan menggunakan kearifan lokal. Metode role playing dengan model pembelajaran berpikir induktif dengan berorientasi kearifan lokal mampu membuat peserta didik menyelesaikan masalah melalui pemahaman konsep secara general berdasarkan fakta-fakta yang ditemui sesuai dengan tahapan model pembelajaran berpikir induktif, terlibat aktif dalam komunikasi serta dapat berkolaborasi melalui metode role playing sehingga menimbulkan kreativitas peserta didik dan mampu berpikir kritis. Kata Kunci: Metode Role Playing, Model Pembelajaran Berpikir Induktif, Kearifan Lokal

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:42
Last Modified: 18 Nov 2020 03:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50031

Actions (login required)

View Item View Item