“Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Matematis Serta Self-Efficacy Siswa SMA”

Khoirina Dwi Ayu Maulidia M, NPM : 188060037 (2020) “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Matematis Serta Self-Efficacy Siswa SMA”. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Khorina DWi Ayu Maulidia.docx

Download (70kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan komunikasi matematis, kemampuan koneksi matematis serta self efficacy dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mix methods dengan tipe embedded design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAS ANGKASA BANDUNG 2019/2020. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas, dimana 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen yang di gunakan berupa tes kemampuan komunikasi matematis, tes kemampuan koneksi matematis, angket self efficacy, observasi dan wawancara. Data yang digunakan untuk menguji perbedaan dua rata-rata adalah uji t dan korelasi (kuantitatif) serta deskripsi (kualitatif). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, 2) kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan model Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, 3) Self-Efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning termasuk kedalam kategori yang baik, 4) terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan self efficacy siswa siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning, 5) terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis siswa dan self efficacy siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Kata kunci: Model Problem Based Learning, kemampuan komunikasi matematis, kemampuan koneksi matematis, self efficacy

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 17 Nov 2020 07:12
Last Modified: 17 Nov 2020 07:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50027

Actions (login required)

View Item View Item