ANALISIS UNSUR PENOKOHAN PADA KUMPULAN CERPEN “PEREMPUAN” KARYA MOCHTAR LUBIS SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR PESERTA DIDIK KELAS XI

AINUN ALAWIYAH SUBARKAH, 165030032 (2020) ANALISIS UNSUR PENOKOHAN PADA KUMPULAN CERPEN “PEREMPUAN” KARYA MOCHTAR LUBIS SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR PESERTA DIDIK KELAS XI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK ENGLISH.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK BASA SUNDA.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
9. BAB IV HASIL PENNELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
10. BAB V SIMPULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu menganalisis unsur penokohan pada buku kumpulan cerpen Perempuan karya Mochtar Lubis dan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran sehingga kumpulan cerpen Perempuan karya Mochtar lubis tersebut dapat dijadikan alternatif pemilihan bahan ajar pada peserta didik kelas XI. Penelitian ini dapat menjadi solusi bagi pendidik dalam memilih bahan ajar yang berkaitan dengan menganalisis cerpen di SMA. Hasil dari penelitian ini merupakan penelitian deskriptif atau penelitian kualitatif yang merupakan penelitian dengan cara mengumpulkan berbagai data dan informasi mengenai permasalahan yang ada atau suatu gejala pada sebuah bahan yang akan diteliti. Hal tersebut diterapkan pada penelitian ini dengan menggunakan analisis unsur penokohan pada kumpulan cerpen Perempuan karya Mochtar Lubis. Sumber data yang digunakan yaitu buku kumpulan cerpen Perempuan karya Mochtar Lubis dan buku penunjang penelitian lainnya. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu memiliki tiga aspek tokoh dan penokohan. Yang pertama yaitu jenis tokoh (Bulat dan Datar) dengan analisis jenis tokoh Bulat sebanyak 13 tokoh, analisis jenis tokoh Datar sebanyak 50 tokoh. Yang kedua yaitu unsur penokohan dengan analisis penokohan Antagonis 16 tokoh, Protagonis 20 tokoh, Deutragonis 1 tokoh, Foil 1 tokoh, Tritagonis 5 tokoh, Raisoneur 8 tokoh, dan Utility 12 tokoh. Yang ketiga yaitu teknik penokohan (Analitik dan Dramatik) dengan analisis teknik penokohan Analitik sebanyak 21 tokoh dan teknik penokohan Dramatik sebanyak 42 tokoh. Analisis tersebut berdasarkan tokoh-tokoh pada 19 judul cerpen buku kumpulan cerpen Perempuan karya Mochtar Lubis. Hasil penelitian selanjutnya dijadikan sebagai alternatif pemilihan bahan ajar untuk kegiatan pembelajaran cerpen di Sekolah Menengah Atas (SMA) khususnya pada kelas XI. Dalam skripsi sudah memuat RPP dan bahan ajar yang telah dinilai dan disetujui sesuai penilaian dari expert judgement. Oleh karena itu, penelitian unsur penokohan pada kumpulan cerpen Perempuan karya Mochtar Lubis dapat diimplementasikan untuk bahan ajar pembelajaran cerpen Indonesia di kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA). Kata kunci: Analisis, Kumpulan Cerpen Perempuan, Bahan Ajar, Sekolah Menengah Atas (SMA)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Nov 2020 03:12
Last Modified: 12 Nov 2020 03:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49978

Actions (login required)

View Item View Item