IMPLEMENTASI KEBIJAKAN HUKUM PIDANA TENTANG PENDIDIKAN NASIONALISME DAN NILAI-NILAI IDEOLOGI PANCASILA BAGI WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN SUKAMISKIN BANDUNG

Rian Hidayat, 161000127 (2020) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN HUKUM PIDANA TENTANG PENDIDIKAN NASIONALISME DAN NILAI-NILAI IDEOLOGI PANCASILA BAGI WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN SUKAMISKIN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A.COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E.DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F.BAB I.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G.BAB II.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text
H.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
I.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
J.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
Text
K.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

iv ABSTRAK Kebijakan Hukum Pidana dapat juga disebut Politik Hukum Pidana atau Pembaharuan Hukum Pidana. Melaksanakan Kebijakan Hukum Pidana berarti usaha mewujudkan peraturan perundang-undangan pidana yang sesuai dengan keadaan dan situasi pada suatu waktu dan untuk masa-masa yang akan datang. Pendidikan Nasionalisme diartikan sebagai pengajaran pengembangan diri yang mengandung makna kesadaran dan semangat cinta tanah air, memiliki kebanggaan dengan memelihara kehormatan bangsa dan Negara. Nilai-nilai Ideologi Pancasila diartikan sebagai ideologi dasar Negara Indonesia yang mengandung makna sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk kebijakan hukum pidana terkait dengan Pendidikan Nasionalisme dan Nilai-nilai Ideologi Pancasila yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin? Bagaimana implementasi bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin terkait dengan Nilai-nilai Nasionalisme dan Pancasila? Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan pelaksanaan Pendidikan Nasionalisme dan mengimplementasikan Nilainilai Ideologi Pancasila di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin? Dalam menganalisis hasil penelitian, penulis menggunakan metode penelitian, spesifikasi penelitian menggunakan deskriptif analitis, metode deskriptif analitis adalah metode yang datanya sudah dikumpulkan oleh penulis kemudian dianalisis sesuai dengan teori dan fakta dilapangan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti data atau bahan perpustakaan yang merupakan data sekunder berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder maupun bahan hukum tersier. Kesimpulan dalam penelitian ini yang didapatkan dari data lapangan berupa wawancara adalah bentuk kebijakan hukum pidana yang terkait dengan Pendidikan Nasionalisme dan Nilai-nilai Ideologi Pancasila di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin yaitu pembinaan kepribadian dengan berdasarkan kesadaran bernegara melalui Upacara pengibaran bendera, Pramuka menjadi seorang Pembina dan anggota yang bernama Gugus Darma Pramuka Wira Bakti (GDPWB). Adanya Seminar Kebangsaan yang dilakukan oleh warga binaan pemasyarakatan untuk Kepala Desa dan warga Sukabumi, Seminar Kebangsaan dengan fasilitator dari Pembina Pramuka Jawa Barat dan sudah bekerja sama dengan Kantor Wilayah Hukum Jawa Barat yang bertujuan menjadi salah satu bentuk pengabdian masyarakat. Wujud Ideologi Pancasila yaitu salah satu yang mendasar bertakwa dilakukan sehari-hari dalam hal kerohanian, selalu berdampingan dengan berbeda agama apapun. Kata Kunci: Kebijakan Hukum Pidana, Pendidikan, Nasionalisme, Pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 05 Nov 2020 00:49
Last Modified: 05 Nov 2020 00:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49924

Actions (login required)

View Item View Item