ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) PADA SISWA SMA

LISWIATI INDRI NOVITA, 165050066 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) PADA SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
7. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan matematis yang perlu dimiliki oleh siswa salah satunya adalah kemampuan penalaran matematis dan salah satu kemampuan dalam aspek afektif yang perlu dimiliki oleh siswa adalah self-efficacy. Untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan self-efficacy siswa dibutuhkan model pembelajaran yang mengarah kepada student center, salah satu model pembelajaran yang memenuhi kriteria tersebut adalah model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). Model CORE berbasis kontruktivisme dengan langkah-langkah pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa SMA melalui model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE); (2) mengetahui self-efficacy siswa SMA melalui model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE); (3) mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder, yaitu data dari artikel yang terkait dengan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy melalui model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) pada siswa SMA. Teknik penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Editing, Organizing, dan Finding dan analisis data yang digunakan berupa deduktif, induktif dan komparatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah atas dapat dikembangkan oleh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE); (2) self-efficacy siswa sekolah menengah atas dapat dikembangkan oleh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE; (3) self-efficacy memiliki pengaruh positif terhadap pembelajaran matematika dan kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah atas. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Self-efficacy, Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Oct 2020 12:15
Last Modified: 28 Oct 2020 12:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49879

Actions (login required)

View Item View Item