PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI SOSIAL DALAM TEKS LEGENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMP PELITA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

GAGAN RIZKI MUNGGARAN, 135030128 (2020) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI SOSIAL DALAM TEKS LEGENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMP PELITA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Membaca merupakan salah satu aspek penting dalam proses memperoleh informasi. Metode mind mapping merupakan cara mengembangkan berpikir lebih kreatif. Berkaitan dengan penjelasan di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Mengidentifikasi Nilai Sosial dalam Teks Legenda dengan Menggunakan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas VII SMP Pelita Bandung. Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah; (1) Mampukah peneliti merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran mengidentifikasi nilai sosial dalam teks legenda dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VII SMP Pelita Bandung dengan tepat?; (2) Mampukah peserta didik kelas VII SMP Pelita Bandung mengidentifikasi nilai sosial dalam teks legenda dengan tepat?; dan (3) Efektifkah metode mind mapping diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai sosial dalam teks legenda pada siswa kelas VII SMP Pelita Bandung dengan tepat?. Adapun simpulannya sebagai berikut. (1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mengidentifikasi nilai sosial dalam teks legenda dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VII SMP Pelita Bandung. Hasil rata-rata nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,6 dan 3,63. (2) Peserta didik kelas VII SMP Pelita Bandung mampu mengidentifikasi nilai sosial dalam teks legenda dengan menggunakan metode mind mapping dengan tepat. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 52,33 dan nilai rata-rata postes sebesar 69,5, sedangkan selisih pretes dan postes yaitu sebesar 17,17. (3) Metode mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai sosial dalam teks legenda. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil menunjukkan > , yakni 128,13 > 2,042 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 32. Berdasarkan fakta tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran mengidentifikasi nilai sosial dalam teks legenda dengan menggunakan metode mind mapping yang peneliti rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran mengidentifikasi, nilai sosial, teks legenda, metode mind mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Oct 2020 06:39
Last Modified: 28 Oct 2020 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49857

Actions (login required)

View Item View Item