HERLINA ESTER MAMENGKO, 165040077 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
3. COVER SKRIPSI.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB II ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK BHS. INDONESIA.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (34kB) | Preview |
Abstract
Pada abad 21 ini kemampuan yang harus dikuasai peserta didik salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis, manfaat berpikir kritis untuk peserta didik yaitu dapat meningkatkan perhatian dalam mengamati, mengemukakan ide-ide relevan, berpikir logis, dan mampu menanggapi suatu permaasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model Discovery Learning berorientasi kearifan lokal. Pedekatan penelitian ini berdasarkan pada pendekatan kualitatif berdasarkan pelelitian kepustakaan (library research) dilaksanakan dengan menggunakan literatur dari penelitian sebelumnya. Sumber data penelitian ini bersifat kepustakaan yang diperoleh dari berbagai literatur-literatur dan sumber-sumber. Hasil analisis kemampuan berpikir kritis dari setiap indikator yaitu: Elementary clarification, Basic support, inferensi , Advance clarification, Strategis and tactick. memperoleh rata-rata sebesar 67,59% dengan kategori Tinggi. dan pada analisis kemampuan berpikir kritis menggunakan model Discovery Learning memperoleh rata-rata nilai Ngain sebesar 0,60 dengan kategori sedang. Dengan memasukkan unsur kearifan lokal dalam pembelajaran biologi dapat memberikan dampak yang baik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat ditingkatkan memalui penggunaan model Discobery Learning yang berorientasi kearifan lokal. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Discovery Learning, kearifan lokal.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 28 Oct 2020 06:09 |
Last Modified: | 28 Oct 2020 06:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49854 |
Actions (login required)
View Item |