GITA PERTIWI, 165010028 (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survey di SMA Bina Dharma 2 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. JUDUL SKRIPSI.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (273kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana peserta didik menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar. Rendahnya motivasi belajar peserta didik salah satu nya terjadi karena penerapan model pembelajaan yang kurang tepat yaitu bersifat monoton atau konvensional yang cenderung berpusat pada pendidik sehingga peserta didik cenderung kurang interaktif ketika proses pembelajaran berlangsung. Peserta didik menjadi bosan dan kurang kondustif ketika mengikuti kegiatan belajar di dalam kelas. hal tersebut yang menjadi salah satu latar belakang permasalahan di dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode survey dan pendekatanya kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu menyebarkan angket kepada peserta didik dan guru dan studi pustaka. Sampel dalam penelitian ini adalah 45 peserta didik dan 10 guru SMA Bina Dharma 2 Bandung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa persiapan pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dengan rata-rata 3,53 dapat dikatakan baik yang artinya guru menyiapkan dengan baik tujuan pembelajaran agar proses pembelajaran dapat dicapai, pelaksanaan model problem based learning dengan rata-rata 3,28 dapat dikatakan kurang karena model pembelajaran ini tidak dapat diterapkan untuk setiap materi pelajaran, respon peserta didik dengan rata-rata 3,39 dapat di katakana cukup belum mampu membentuk kemampuan berfikir kritis siswa untuk secara aktif mengembangkan pengetahuanya, kendalanya dengan rata-rata 3,40 dapat dikatakan tinggi kurang aktifnya siswa ,dan solusi yang dilakukan nya dengan rata-rata 3,40 dapat dikatakan tinggi guru di tuntut untuk meningkatkan rasa keingintahuan siswa dalam proses pembelajaran siswa Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Motivasi Belajar Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 28 Oct 2020 04:00 |
Last Modified: | 28 Oct 2020 04:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49849 |
Actions (login required)
View Item |