KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

PUJI MEIDYANI SETIA, 165050010 (2020) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.Sampul Puji Meidyani Setia (165050010).pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan Puji Meidyani Setia (165050010).pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK indonesia Puji Meidyani Setia (165050010).pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT INGGRIS Puji Meidyani Setia (165050010).pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I Puji Meidyani Setia (165050010).pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II Puji Meidyani Setia (165050010).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
12. BAB III Puji Meidyani Setia (165050010).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
13. BAB IV Puji Meidyani Setia (165050010).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
14. BAB V Puji Meidyani Setia (165050010).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA Puji Meidyani Setia (165050010).pdf

Download (283kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada ranah kognitif, salah satu kemampuan matematis tingkat tinggi yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan representasi matematis. Selain itu, dalam ranah afektif pada pembelajaran matematika juga siswa perlu memiliki salah satu sikap yaitu kemandirian belajar. Namun, kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa sebagian besar masih berkategori rendah. Oleh karena itu, salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran matematika yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan representasi matematis siswa melalui model PBL; (2) untuk mendeskripsikan bagaimana kemandirian belajar siswa melalui model PBL; dan (3) untuk mendeskripsikan bagaimana kaitan kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, dimana sumber data berasal dari berbagai sumber literatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah editing, organizing, dan finding serta teknik analisis data yang digunakan adalah deduktif, induktif, dan komparatif. Adapun kesimpulan secara ringkas dari hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan representasi matematis siswa yang awalnya rendah mengalami peningkatan dan menjadi lebih baik setelah diterapkannya model PBL, hal tersebut terjadi karena pada model PBL terdapat beberapa langkah pembelajaran yang dapat melatih kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Pencapaian dan peningkatan indikator kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model PBL lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model lain, terutama model pembelajaran konvensional. Namun, model PBL juga dapat dikatakan tidak efektif dan tidak memiliki pengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada suatu kondisi tertentu; (2) Kemandirian belajar siswa yang awalnya rendah mengalami peningkatan dan menjadi lebih baik setelah diterapkannya model PBL, karena pada model PBL terdapat beberapa langkah pembelajaran yang berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa; (3) Keterkaitan atau hubungan antara kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa memiliki tingkatan yang beragam dimulai dari sedang, kurang kuat, rendah, sangat rendah, bahkan tidak terdapat kaitan diantara keduanya. Terdapat beberapa pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan representasi matematis. Namun, data mengenai bagaimana pengaruh kemampuan representasi matematis terhadap kemandirian belajar siswa masih belum ditemukan. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Kemandirian Belajar, Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Oct 2020 05:54
Last Modified: 26 Oct 2020 05:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49745

Actions (login required)

View Item View Item