RAFI HADI PRADANA, 165060156 (2020) ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur di Sekolah Dasar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengehasan.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (814kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (580kB) | Preview |
|
Text
8. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
||
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
||
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
|
Text
11. Daftar Pustaka.pdf Download (479kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebenaran bahwa media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) yang merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang dihimpun melalui studi kepustakaan berupa buku-buku, jurnal nasional dan internasional dengan mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu tentang hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media audio visual. Berdasarkan hasil penelitian dari beberapa jurnal peneliti terdahulu menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar, karena media audio visual dapat menjadi daya tarik peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung. Namun, dari beberapa jurnal ada yang menunjukkan bahwa media audio visual menimbulkan beberapa kendala dalam proses pembelajarannya dikarenakan dapat membuat peserta didik menjadi egois, kurang fokus, kurang konsentrasi bahkan ada yang asik sendiri dan tidak kondusif dalam kegiatan penyampaian materi yang dilakukan oleh guru. Maka dari itu setiap guru harus memahami dan menguasai media yang akan digunakannya. Kesimpulannya, media audio visual merupakan media pembelajaran yang cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Karena, dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran di kelas terdapat dampak yang positif bagi peserta didik terhadap kedisiplinan, antusias, keaktifan serta kreatifitas peserta didik yang menjadi satu pada saat pembelajaran dilaksanakan. Hasil belajar merupakan puncak dari keberhasilan belajar peserta didik terhadap tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan merupakan tolak ukur dari keberhasilan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil belajar peserta didik didalam pembelajaran menggunakan media audio visual mempunyai pengaruh yang sangat signifikan karena media audio visual dapat menjadi daya tarik peserta didik dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar Peserta Didik, Media Audio Visual, Studi Kepustakaan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 04:37 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 04:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49728 |
Actions (login required)
View Item |