SRI WULANDARI, 165040024 (2020) ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INDONESIA.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS SUNDA.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (26kB) | Preview |
Abstract
Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dan membuat proses belajar peserta didik menjadi monoton dengan metode konvensional dan dapat mempengaruhi terhadap hasil belajar peserta didik. Salah satu alternatif untuk mengetahui hasil belajar peserta didik adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning yang berorientasi kearifan lokal pada pembelajaran Biologi. Tujuan dari penelitian untuk membuat mendeskripsikan analisis model Problem Based Learning (PBL) berorientasi kearifan lokal terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Biologi. Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kepustakaan. Metode penelitian kualitatif menggunakan metode dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sumber sekunder. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. Model Problem Based Learning (PBL) berorientasi kearifan lokal terhadap hasil belajar peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Biologi baik pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Dikarenakan pada pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berorientasi kearifan lokal peserta didik terlibat langsung dalam pembelajaran Biologi disekitar lingkungannya yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehingga peserta didik memperoleh sumber data yang diperoleh dari aspek hasil belajar yaitu aspek kognitif dimulai dari tes, sedangkan afektif dan psikomotorik dari observasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berorientasi kearifan lokal terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran biologi dapat diterapkan, dan dikembangkan pada kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Kearifan Lokal dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 06:29 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 06:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49598 |
Actions (login required)
View Item |