IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK

Taryudi, NPM : 188060028 (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Taryudi_MPM_188060028.docx

Download (58kB)

Abstract

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Program Linier Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Berfikir Kritis Siswa SMK Motivasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan kemampuan berfikir kritis siswa adalah beberapa hal yang penting dalam pembelajaran. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis motivasi belajar yang lebih baik antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional serta dampaknya pada kemampuan penalaran matematis dan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi program linier. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian campuran (mixed method research) tipe embedded design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 35 siswa dari kedua kelas. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis, tes kemampuan berfikir kritis, angket motivasi belajar siswa, dan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut ; 1) motivasi belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Kemampuan berfikir kritis siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 4) Terdapat pengaruh antara motivasi belajar siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa; 5) Terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap kemampuan berfikir kritis siswa; 6) Terdapat hubungan antara kemampuan penalaran matematis dan kemampuan berfikir kritis Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan penalaran matematis, Kemampuan berfikir kritis dan angket motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 21 Oct 2020 01:45
Last Modified: 21 Oct 2020 01:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49568

Actions (login required)

View Item View Item