NA’IMMATUR ROKHMAH, 175050059 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR REFLEKTIF SISWA MELALUI PROBLEM SOLVING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
lp naim_1.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo naim.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak english naim.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
bab1 naim.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
bab2 naim.pdf Download (189kB) | Preview |
|
Text
BAB III naim.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
Text
BAB IV naim.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
Text
BAB V naim.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
Text
daftar pustaka naim.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir reflektif siswa masih jarang digunakan, sehingga hal tersebut berpengaruh pada rendahnya kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir reflektif yaitu belajar melalui problem solving. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: a) untuk menganalisis pembelajaran matematika yang menggunakan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa melalui Problem Solving, b) untuk menganalisis perbedaan hasil penelitian relevan pada kemampuan berpikir reflektif matematis melalui Problem Solving dalam pembelajaran matematika, c) untuk menganalisis keefektifan pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif, dengan jenis penelitiannya yaitu library research atau studi kepustakaan. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, serta analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu induktif dan historis. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu: a) berpikir reflektif 10 penelitian menyatakan kemampuan berpikir reflektif matematis melalui Problem Solving mampu mencapai pemikiran reflektif tinggi dan 8 peneliti menyatakan kemampuan berpikir reflektif matematis melalui Problem Solving mampu mencapai pemikiran reflektif yang cukup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematis dapat diterapkan, dikembangkan, dan ditingkatkan melalui Problem Solving, b) Terdapat perbedaan di kemampuan berpikir reflektif melalui problem solving dari beberapa penelitian yang telah dikaji yaitu ada 6 aspek. 6 aspek tersebut yaitu strategi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, kemampuan matematis, motivasi, gender, dan gaya kognitif, c) keefektifan pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa memiliki tingkat keefektifan yang baik. Kata kunci: kemampuan berpikir reflektif dan problem solving
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 02:45 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 02:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49509 |
Actions (login required)
View Item |