Ajeng Putri Rahayu, 165060173 (2020) ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE (E-LEARNING) UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (557kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (167kB) | Preview |
Abstract
Munculnya pandemi Corona Virus (COVID-19) mengharuskan semua kegiatan untuk dilaksanakan di rumah termasuk kegiatan pembelajaran. Para pendidik dan pihak sekolah pun menjalankan pembelajaran jarak jauh berbasis Online dengan menggunakan berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk belajar seperti Google Classroom, Zoom Cluod Meeting, dan WhatsApp. Ketiga aplikasi tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan dalam penggunaannya. Penting untuk menelisik bagaimana efektivitas penerapan pembelajaran berbasis online ini untuk peserta didik Sekolah Dasar. Peneliti melakukan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun sumber yang peneliti gunakan terdiri dari dua, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer pada penelitian ini yaitu hasil wawancara kepada guru yang melaksanakan pembelajaran berbasis online. Sementara sumber sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil penelitian terdahulu yang memiliki judul relevan dengan judul pada penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis Online untuk peserta didik Sekolah Dasar cenderung kurang efektif karena terdapat banyak hambatan dan masalah dalam pelaksaannya, dan jika melihat kepada hasil belajar peserta didik, hasil belajar peserta didik cenderung tidak murni karena soal dan tugas serta latihan peserta didik banyak dikerjakan oleh orang tua. Sangat diperlukan kreatifitas guru agar pembelajaran berbasis online ini dapat berjalan dengan baik dan tidak menjenuhkan untuk peserta didik, dan juga diperlukan evaluasi peran guru serta orang tua dalam hal ini untuk kedepannya. Kata Kunci: Efektivitas, E-Learning, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2020 06:32 |
Last Modified: | 17 Oct 2020 06:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49452 |
Actions (login required)
View Item |