Pengembangan Bahan Ajar Teorema Pythagoras Berbasis Mobile Learning Dan Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

Ela Nurlaila, NPM : 188060034 (2020) Pengembangan Bahan Ajar Teorema Pythagoras Berbasis Mobile Learning Dan Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Jurnal Tesis Ela Nurlaila (188060034).docx

Download (509kB)

Abstract

Penelitian ini didasari karena pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi yang belum maksimal dan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar Teorema Pythagoras berbasis mobile learning, untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis mobile learning, dan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Research & Development dari Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 9 tahapan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 38 Bandung Kelas VIII-G terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil validasi bahan ajar memperoleh rata-rata skor 3,7 (layak) dari ahli media dan rata-rata skor 4,1 (sangat layak) dari ahli materi. Persentase angket respon siswa sebesar 81% pada uji coba dan 85% pada uji pemakaian. Penggunaan bahan ajar berbasis mobile learning efektif bagi kelompok KAM tinggi dengan nilai effect size sebesar 1,15 kategori tinggi dan kelompok KAM sedang sebesar 0,72 kategori sedang, tetapi tidak efektif pada kelompok KAM rendah nilai effect size sebesar -0,07 kategori kecil. Hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan empat tahapan menunjukkan bahwa siswa kesulitan mengerjakan soal nomor 6 baik kelompok KAM tinggi, KAM sedang maupun KAM rendah dan siswa kurang menguasai tahapan ke-4. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Mobile Learning, Teorema Pythagoras.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Unnamed user with email lusiawati773@gmail.com
Date Deposited: 15 Oct 2020 06:28
Last Modified: 15 Oct 2020 06:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49156

Actions (login required)

View Item View Item