PENGGUNAAN REKORDER DALAM UPAYA MEMPEROLEH KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI BALOK DALAM PEMBELAJARAN MUSIK DI SMP NEGERI 2 BOJONGSOANG. SULFI LUTHFIYYANI: 146040051

Sulfi Luthfiyyani, Hinhin Agung Daryana, S.Sn,. M.Sn (2020) PENGGUNAAN REKORDER DALAM UPAYA MEMPEROLEH KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI BALOK DALAM PEMBELAJARAN MUSIK DI SMP NEGERI 2 BOJONGSOANG. SULFI LUTHFIYYANI: 146040051. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img]
Preview
Text
Cover dll.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Draft Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini, bahwa pada pendidikan musik tidak bisa lepas dari pembelajaran tentang notasi musik. Hal tersebut harus diperhatikan dengan baik oleh guru, karena tidak semua siswa mampu memahami dengan mudah tentang tentang notasi balok secara merata. Siswa akan lebih memahami dengan mudah tentang notasi balok bila menggunakan media pembelajaran yang tepat. Di SMP Negeri 2 Bojongsoang guru memilih instrumen rekorder sebagai media pembelajaran utama yang digunakan dalam proses pembelajaran. Agar siswa dapat memperoleh kemampuan membaca notasi balok dan memahaminya dengan baik. Dengan demikian penelitian ini berjudul “Penggunaan Media Rekorder dalam Meningkatkan Pemahaman Teori Dasar Musik di SMP Negeri 2 Bojongsoang”. Dalam proses penelitian ini terdapat beberapa rumusan permasalahan yang diantaranya mengenai; 1) Bagaimana penggunaan media rekorder sebagai upaya memperoleh kemampuan membaca notasi balok dalam pembelajaran musik di SMP Negeri 2 Bojongsoang, 2) Bagaimana dampak pembelajaran notasi balok terhadap peminatan siswa terhadap musik di SMP Negeri 2 Bojongsoang. Dengan menggunakan metode kualitatif dan deskriptif, maka dikaji secara deskriptif bagaimanamemperoleh kemampuan siswa membaca notasi balok, dengan menggunakan rekorder sebagai media pembelajaran. Penulis menggunakan teknik triangulasi untuk memilah data yang terkumpul untuk menyimpulkan kesimpulan yang benar. Dan berdasarkan temuan yang ada dilapangan, proses upaya memperoleh kemampuan siswa untuk membaca notasi balok terjadi dengan cukup baik. Menggunakan model pembelajaran Problem Bassed Learning dan model project bassed learning. Siswa dapat menyelesaikan tugas dengan saling membantu memecahkan masalah yang terjadi di setiap kelompok belajar siswa. Kata kunci: Rekorder, Teori Dasar Musik, Notasi Balok.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2018
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:07
Last Modified: 05 Oct 2020 04:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48960

Actions (login required)

View Item View Item