PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) CABANG KABUPATEN CIAMIS

WIDYA ILMI, NPM :178010023 (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) CABANG KABUPATEN CIAMIS. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Widya Ilmi.docx

Download (36kB)

Abstract

Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan di Kantor Bersama Samsat Kabupaten Ciamis terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Bersama Samsat Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Penelitian ini berkaitan dengan dua variabel yaitu Kualitas Pelayanan sebagai variabel independen (X) dan Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor sebagai variabel dependen (Y). variabel tersebut bersifat kualitatif sehingga mengkualitatifkannya peneliti menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan perhitungan korelasi Pearson Product Moment dan Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukan nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,813 masuk dalam kategori sangat kuat. Ini berarti ada keterkaitan yang kuat antara Kualitas pelayanan Pajak dengan Kepatuhan wajib pajak sehingga apabila Kualitas pelayanan Pajak berubah akan mengakibatkan ada efek meningkatnya Kepatuhan wajib pajak. Sedangkan besarnya pengaruh ditunjukkan koefisien determinasi sebesar 66,1%. Pengujian hipotesis dengan analisis jalur diperoleh hasil yang memperlihatkan Kehandalan (Reability) berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak sebesar 13,6%. Responsif (Responsiveness) berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak sebesar 4,2%. Jaminan Kepastian (Assurance) berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak sebesar 19,3%. Empati (Empathy) berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak sebesar 19,1%. Bukti Langsung (Tangible) berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak sebesar 11,2%. Secara bersama-sama Kehandalan (Reability), Responsif (Responsiveness), Jaminan Kepastian (Assurance), Empati (Empathy) dan Bukti Langsung (Tangible) memberikan pengaruh tehadap Kepatuhan Wajib Pajak sebesar 67,4% dan pengaruh factor lain diluar variable dalam model sebesar 32,6%. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak, Kantor Bersama Samsat Kabupaten Ciamis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: Unnamed user with email lusiawati773@gmail.com
Date Deposited: 05 Sep 2020 03:06
Last Modified: 05 Sep 2020 03:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48807

Actions (login required)

View Item View Item